Mengukur Saturasi Darah dengan Pulse Oximeter

Oksigen adalah suatu unsur yang sangat penting bagi tubuh. Tidak heran Tuhan menciptakan oksigen sebagai unsur terbanyak ketiga di bumi ini, karena fungsinya yang begitu esensial dalam menunjang kehidupan. Setiap sel dalam tubuh kita menggunakan oksigen untuk membakar gula yang menjadi bahan bakar bagi tubuh untuk menghasilkan produk akhir bernama energi. Life is energy and energy is life – untuk mendapatkan energi dibutuhkan oksigen, sehingga no oxygen = no life.

Oksigen melalui serangkaian proses untuk dapat mencapai setiap sel yang ada di dalam tubuh. Pertama, ia dihirup melalui udara dan masuk ke dalam saluran pernapasan untuk kemudian masuk ke dalam kantong-kantong kecil dalam paru bernama alveoli. Alveoli ini memiliki dinding tipis yang dikelilingi oleh pembuluh-pembuluh darah, sehingga oksigen mampu menembus dinding tipis ini kemudian masuk ke dalam peredaran darah. Bersamaan dengan masuknya oksigen ke dalam peredaran darah, karbon dioksida juga dilepaskan dari peredaran darah dan menembus dinding alveoli, untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh.

breath

Oksigen masuk ke dalam peredaran darah dan diikat oleh hemoglobin untuk kemudian diantarkan ke setiap sel tanpa terkecuali. Oksigen yang dilepas oleh hemoglobin di sel tujuan kemudian membakar gula pada sel tersebut dan menghasilkan energi dan karbon dioksida. Karbon dioksida lalu diangkut lagi oleh hemoglobin dan dikirimkan kembali ke alveoli untuk dikeluarkan.

Ada banyak penyakit yang dapat memengaruhi pengantaran oksigen ke sel tujuan. Mari kita berpikir secara sederhana dengan analogi distribusi barang : anggaplah oksigen adalah barang, hemoglobin adalah kurir, peredaran darah adalah jalanan, dan sel adalah konsumen. Apa saja yang kira-kira dapat mengganggu konsumen dalam menerima barang?

Cv

Pertama, jika barangnya sedikit, tentu mengganggu konsumen dalam menerima barang. Kedua, jika kurirnya sedikit, tentu barang tidak bisa disampaikan. Ketiga, jika kurirnya banyak tapi tidak kompeten dalam mengantar barang, hal tersebut dapat menjadi masalah. Keempat, jika kurirnya banyak dan barangnya ada namun jalannya macet, barang tetap tidak bisa disampaikan dengan baik. Dengan kata lain, jumlah oksigen dan hemoglobin yang sedikit, kemampuan hemoglobin yang buruk dalam mengangkut oksigen, dan peredaran darah yang tersumbat dapat menghambat sel untuk menerima oksigen dengan baik.

Dari sejumlah faktor tersebut, kita ternyata dapat memantau faktor oksigen dan hemoglobin bahkan tanpa perlu menganalisis kimia darah secara langsung. Kita dapat melakukannya dengan alat pulse oximeter.

Apa itu Pulse Oximeter?

Pulse oximeter atau alat oximetri adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur saturasi oksigen pada darah – mudahnya, pulse oximeter menghitung berapa banyak hemoglobin yang mengangkut oksigen. Melalui alat ini, kita bisa memantau berapa banyak kurir yang membawa barang untuk mencapai konsumen.

Prinsip kerja Pulse Oximeter

Pulse oximeter adalah alat yang memiliki LED yang memancarkan sinar dengan panjang gelombang tertentu yang akan diserap oleh darah. Gelombang yang diserap oleh darah ini kemudian akan dipantulkan kembali dalam panjang gelombang tertentu yang kemudian akan dideteksi oleh alat dan diinterpretasikan nilainya. Hal yang memengaruhi panjang gelombang pantulan tentu saja adalah banyaknya hemoglobin yang mengangkut oksigen pada darah. Alat ini mendeteksi gelombang pantulan dari darah yang mengangkut oksigen pada arteri yang berdenyut (pulsating) – maka dari itu, alat ini dinamakan pulse oximeter.

hqdefault

Saturasi oksigen bisa diukur melalui 2 cara, secara langsung dan secara tidak langsung. Jika dilakukan secara langsung, berarti pengukuran dilakukan dengan prosedur invasif dengan cara mengambil darah dari arteri radial di lengan atau arteri femoral pada tungkai dengan analisa gas darah. Hasilnya akan dinyatakan dalam SaO2 (Saturation Asterial O2) %. Jika dilakukan secara tidak langsung, pengukuran dilakukan tanpa mengambil darah, seperti pengukuran dengan pulse oximeter ini. Alat ini mengukur saturasi oksigen di pembuluh-pembuluh darah permukaan (perifer) yang hasilnya dinyatakan dengan SpO2 (Saturation Peripheral O2) %.

Kenapa menggunakan Pulse Oximeter?

Pulse oximeter biasa digunakan untuk memonitor orang-orang dengan penyakit asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK/COPD), orang yang sedang dibius, orang dengan kelainan jantung, dan juga untuk memonitor orang dengan keluhan sleep apnea (tidak bernapas saat tidur) untuk melihat apakah distribusi oksigen ke jaringan tubuh masih dalam keadaan yang cukup bagus.

man-with-sleep-apnea-350
Salah satu indikasi pemeriksaan pulse oximetri: Sleep apnea — ditandai dengan sering mengorok saat tidur.

Alasan menggunakan pulse oximeter? Karena prosedur ini tidak invasif, cepat, dan cukup akurat jika disandingkan dengan pemeriksaan lain. Selain itu, alatnya kecil dan praktis sehingga penggunaannya tidak merepotkan.

Jenis pulse oximeter

Pulse oximeter memiliki 2 jenis, yaitu transmittance dan reflectance. Transmittance pulse oximeter lebih banyak digunakan dibandingkan reflectance. Keduanya memiliki cara kerja yang sama: sama-sama memancarkan sinar pada gelombang tertentu dari LED yang kemudian akan dipantulkan dalam panjang gelombang tertentu oleh darah, dan mendeteksi gelombang pantulan tersebut. Yang berbeda dari 2 jenis ini adalah letak detektor gelombang sinar pantulan.

Pada jenis transmittance, detektor berada di “seberang” dari sinar LED sehingga gelombang yang dikeluarkan LED akan “menembus” darah lalu baru memantul ke detektor, sementara pada pulse oximeter reflectance, sinar LED berada pada sisi yang sama dengan detektor sehingga gelombang yang dikeluarkan LED akan diserap darah dan “dipantulkan” ke detektor. Agar lebih mudah memahaminya, coba lihat ilustrasi berikut:

i__srcffee74671935a489721d0f31ee927169_par1a3c1eb4506a5f22486e2677b9cb9c0d

Karena letak detektor yang berbeda, maka aplikasi pulse oximeter transmittance dan reflectance pasti berbeda. Misalnya, jenis transmittance biasa “diselipkan” pada jari atau ujung telinga, sementara jenis reflectance digunakan di area yang lebih tebal seperti pada dahi atau pada dada.

C2
Transmittance Pulse Oximeter — karena mendeteksi hemoglobin yang membawa oksigen pada arteri yang berdenyut, maka alat ini juga bisa mendeteksi jumlah denyut nadi dalam satu menit.
71046-142553
Reflectance Pulse Oximeter

Mungkin setelah melihat gambar di atas, anda akan bertanya-tanya “kelihatannya pulse oximeter reflectance lebih simpel daripada pulse oximeter transmittance, tapi kenapa orang lebih banyak menggunakan pulse oximeter transmittance?”

Jawabannya adalah karena memiliki kecenderungan untuk lebih salah dalam menghitung dibandingkan pulse oximeter transmittance. Seperti yang sudah dijelaskan, pulse oximeter reflectance biasa diletakan pada dahi ataupun pada dada – hal ini merupakan titik ambigu, khususnya pada pasien yang datang dengan keluhan gagal jantung kanan ataupun pasien dengan gangguan jantung bawaan lahir yang datang dengan keadaan biru (cyanosis), dan juga pasien yang berada dalam posisi Trendelenburg, dimana posisi kaki pasien lebih tinggi 15-30 derajat dari kepala. Keadaan-keadaan ini dapat menyebabkan vena-vena yang berada di sekitar dahi atau dada mengalami pulsasi yang lebih besar. Pulse oximeter mengukur oksigen yang dibawa dalam darah melalui arteri yang berdenyut. Jika vena ikut berdenyut dan terdeteksi oleh pulse oximeter, maka akan cenderung salah hitung. Pulse oximeter transmittance lebih disukai karena tingkat kesalahannya kecil pada pasien dengan berbagai macam kondisi – jadi jangan heran jika jenis transmittance yang anda sering temukan di berbagai toko alat kesehatan dan fasilitas kesehatan.

29
Salah satu kelemahan reflectance pulse oximeter adalah orang dengan gagal jantung kanan.

Seiring dengan banyaknya prevalensi penyakit jantung dan paru-paru sebagai konsekuensi dari maraknya trend merokok, alat ini dirasa sangat penting kehadirannya di unit rawat jalan dan rawat inap sebagai salah satu tes tercepat dan termudah, dan untuk melengkapi tes darah sehingga hasilnya lebih akurat. Jadi tunggu apa lagi? Segera lengkapi alat kesehatan anda dengan pulse oximeter! Medicalogy.com memiliki sejumlah pulse oximeter dengan berbagai merek dan variasi harga (on promo now!) yang berkualitas. Ingin memesan dalam jumlah besar untuk instansi? Anda bisa mengajukan penawaran harga pada kami agar kami bisa memberikan harga yang lebih ramah pada anda. Berbelanja dengan kami anda mendapat banyak benefit : kami adalah toko online lengkap yang menyediakan banyak pilihan – anda tidak perlu bersusah payah berbelanja dengan mengorbankan waktu dan tenaga, cukup one click away, dan anda bisa menikmati berbelanja online dengan harga yang lebih ramah, namun dengan sensasi berbelanja seperti real berbelanja!

newnew

Segera hubungi kami untuk mendapat pulse oximeter berkualitas! (Ad)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *