Polusi Udara Jakarta Makin Tinggi, Ini Dia Tips Memilih Masker Wajah

Tantangan bagi masyarakat yang tinggal di kota besar adalah polusi udara. Banyak penelitian mengungkapkan, polusi udara dapat memicu munculnya berbagai penyakit seperti infeksi paru, jantung, diabetes, hingga kesehatan mental. Beberapa hari belakangan ini kota Jakarta menempati peringkat pertama pemilik udara terburuk sedunia berdasarkan hasil pemantauan Air Quality Indeks (AQI) atau Indeks Kualitas Global Airvisual. Ini menyebabkan udara yang kita hirup setiap hari menjadi tidak sehat dan dampaknya dapat menyebabkan berbagai masalah pernafasan. Udara yang kita hirup semakin tidak sehat, oleh sebab itu kita membutuhkan bantuan dari masker untuk melindungi diri dari polusi udara. Tujuan utama memakai masker wajah adalah mencegah Anda terkena penyakit, misalnya dari polusi yang dapat menyebabkan masalah pada saluran pernapasan Anda. Lalu seperti apa tips untuk memilih masker wajah?

Masker wajah

Masker wajah atau face mask anti debu terbagi dalam dua tipe yaitu tipe masker sekali pakai (disposable) dan masker tipe filter (replaceable) yang hanya perlu diganti filternya saja. Umumnya, masker tipe filter memiliki desain yang menutupi seluruh wajah .

Tips memilih masker wajah :

1. Jangan hanya membeli masker berharga murah saja, jika perlu gunakan masker dengan filter khusus yang mampu menyaring berbagai partikel yang sangat kecil sehingga kita pun tidak mudah menghirupnya saat berada di luar rumah.

2. Pilih ukuran masker yang pas dengan wajah Anda
Ketika memilih masker anti debu, penting juga untuk menyesuaikannya dengan bentuk wajah Anda. Meskipun berbentuk masker helm standar internasional, apabila terdapat celah di bagian sampingnya, zat berbahaya dapat masuk dengan mudah. Karena itu, bacalah penjelasan produk dengan cermat dan pilihlah yang dirancang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terdapat ukuran S, M, dan L untuk masker anti debu yang dijual di pasaran. Apabila Anda tidak mengerti ukuran yang pas untuk wajah, Anda dapat membeli beberapa helai masker terlebih dahulu untuk mencobanya.

3. Ringan dan nyaman untuk kegiatan sehari-hari

Masker wajahAnda dapat memilih masker yang nyaman untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari Anda. Masker wajah Sensi terdiri dari lapisan yang efektif untuk menyaring debu dan kotoran di sekitar Anda. Membantu Anda meminimalkan kontaminasi menghirup mikro organisme dan mengurangi resiko terpapar dari debu, darah ataupun cairan tubuh. Anda dapat menggunakan masker wajah sensi ini untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya, untuk bekerja, berkendara umum, atau dipakai ketika sedang flu.

4. Pilih masker dengan katup dengan material yang tebal
Anda dapat memilih masker dengan material yang tebal, dengan demikian Anda dapat terlindungi dari polusi, ketebalan material inilah yang dapat memberikan perlindungan lebih baik terhadap polutan.

5. Anda dapat memilih masker bedah yang terbuat dari kertas
Masker bedah yang terbuat dari kertas bekerja dengan baik. Meski tidak menempel secara lekat pada wajah, namun masker wajah tersebut tersangkut dengan baik pada kondisi mulut yang basah.

6. Pilihlah masker yang menempal pada wajah Anda
Tidak peduli seberapa mahal masker yang Anda gunakan jika masker tersebut tidak menempel pada wajah Anda. Masker tersebut tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak secara sempurna menempel pada wajah.

7. Jangan memilih masker wajah yang terlalu ketat
Jika masker wajah Anda terbuat dari kain, terlalu ketat pada wajah justru tidak bagus, karena jika masker kain ditarik terlalu ketat, maka kemampuannya untuk menyaring udara akan seketika hilang.

Selain penggunaan masker wajah, Anda juga bisa menggunakan oksigen konsentrator yang dapat digunakan di rumah untuk mendapatkan udara yang murni. Oksigen konsentrator merupakan alat yang befungsi untuk menyediakan ketersediaan oksigen dengan cara mengambil udara dari sekitar dan memisahkan oksigen yang ditemukan di udara untuk kemudian disalurkan kepada penggunanya. Tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan oleh oksigen konsentrator ini mencapai 95 persen. Oksigen konsentrator dapat menjadi solusi di rumah bagi Anda yang tinggal di kota Jakarta untuk mendapatkan udara yang murni.

Polusi udara telah menjadi masalah global, dan tampaknya kian memburuk tiap tahunnya. Hanya bergantung pada pemerintah untuk mengurangi buruknya kondisi udara memang rasanya tak mungkin, namun Anda dapat melindungi diri dengan menggunakan masker yang tepat, menjaga kesehatan, dan berusaha untuk tidak berkontribusi dalam memperparah kualitas udara.

Itulah beberapa tips memilih masker wajah, Anda bisa langsung memesan masker wajah di toko alat kesehatan online Medicalogy.com. Medicalogy merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah. (sr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *