Langkah Praktis Merawat Alat Bantu Dengar

cleaning-aid-with-brushweb-700x400

Alat bantu dengar adalah suatu alat yang dirancang khusus untuk membantu para penderita hearing loss atau gangguan pendengaran sehingga mereka dapat mendengar kembali. Teknologi alat bantu dengar pun kini semakin dikembangkan agar para penggunanya dapat semakin mudah memakai alat ini. Tetapi kecanggihan teknologi tak dapat membuat suatu alat bantu dengar awet selamanya. Karena begitu pentingnya fungsi dari alat ini maka perawatan terhadap alat bantu dengar juga patut dilakukan secara berkala agar performanya tetap terjaga dan optimal. Beberapa langkah praktis dan sederhana ini tentunya akan dapat membantu Anda untuk merawat alat bantu dengar dengan baik.

  • Hindari alat bantu dengar dari kondisi panas berlebih, seperti meninggalkannya di dalam mobil saat sedang parkir, terkena sinar matahari langsung, atau di dekat pemanas. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak lapisan pelindung ataupun komponen di dalam alat bantu dengar.
  • Hindari pula alat bantu dengar dari kondisi yang lembab atau terlalu dingin. Kelembaban dapat merusak komponen yang terdapat di dalam alat bantu dengar. Sebaiknya jangan gunakan alat bantu dengar ketika berenang, mandi, ataupun pergi disaat hujan lebat, dan hindari menyimpan alat bantu dengar di kamar mandi.
  • Jika baterai pada alat bantu dengar habis, gantilah segera. Jika baterai pengganti belum ada maka segera lepaskan baterai yang telah habis dari alat bantu dengar, karena jika tidak maka baterai tersebut akan berpotensi mengalami kebocoran zat-zat yang berbahaya sehingga dapat merusak alat bantu dengar.
  • Jika baterai lembab sebaiknya lap baterai sesegera mungkin karena kondisi baterai yang lembab dapat mempengaruhi kinerja alat bantu dengar. Untuk menghindari kelembaban pada baterai, Anda dapat membuka slot baterai yang terdapat pada alat agar sirkulasi udara tetap terjaga. Lakukan hal ini secara berkala ketika alat bantu dengar sedang tidak digunakan.
  • Bersihkan alat bantu dengar sesuai dengan instruksi yang tertera pada produk. Atau Anda dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyeka alat bantu dengar dengan kain kering atau tisu untuk membersihkannya dari minyak dan kelembaban. Setelah itu Anda dapat menyikat seluruh bagian alat ini. Gunakan sikat yang kering dan sikatlah secara perlahan. Membersihkan alat bantu dengar harus dilakukan setiap hari.
  • Jangan gunakan hairspray, produk perawatan rambut lain, kosmetik, ataupun lotion obat nyamuk ketika sedang memakai alat bantu dengar. Selalu lepaskan alat bantu dengar sebelum menggunakan produk-produk tersebut dan biarkan produk mengering terlebih dahulu sebelum menggunakan alat bantu dengar kembali.
  • Matikan alat bantu dengar ketika tidak digunakan, misalnya pada malam hari atau saat tidur. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi risiko kerusakan dan mengurangi pemakaian daya baterai.
  • Sebisa mungkin jauhkan baterai pengganti dan alat bantu dengar dari jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan alat bantu dengar tertelan oleh hewan peliharaan atau anak-anak.
  • Jagalah alat bantu dengar agar tidak jatuh, tidak terlempar, ataupun tidak diwarnai dengan bahan apapun.
  • Keluarkan baterai dari alat bantu dengar jika alat ini tidak sedang digunakan dalam jangka waktu yang lama agar zat-zat yang terdapat pada baterai tidak merusak komponen alat bantu dengar.
  • Gunakan tombol-tombol yang ada pada alat bantu dengar secara wajar dan tidak berlebihan karena penggunaan yang berlebihan dapat mengurangi usia pakai tombol-tombol tersebut.
  • Pastikan telinga Anda bersih dan kering saat akan menggunakan alat bantu dengar. Kotoran yang ada pada telinga akan menempel pada alat dan dapat menyumbat speaker.

Itulah beberapa langkah mudah dan sederhana yang dapat diterapkan agar alat bantu dengar bisa lebih awet. Selamat mencoba! (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *