Ketahui Harga Alat Operasi dan Kegunaannya

Pernah melakukan operasi di rumah sakit? Atau mungkin pernah mengantar orang yang hendak melakukan operasi? Kalau begitu, mungkin Anda pernah melihat alat-alat yang digunakan dokter untuk mengoperasi pasien itu. Jenisnya memang banyak. Sebab untuk mengeksekusi sebuah operasi itu memang perlu banyak peralatan pendukung. Dan harga alat operasi itu tidak murah. Pantas kalau kemudian kadang untuk biaya sebuah operasi butuh keluar uang banyak.

Harga Alat Operasi

Nah, untuk menambah pengetahuan Anda mengenai alat operasi yang digunakan di rumah sakit tersebut, berikut ini penjelasan mengenai fungsi alat operasi serta perkiraan harga alat operasi yang sering dipakai di rumah sakit.

1. Mesin anestesi. Sebelum seorang pasien menjalani operasi, dokter akan melakukan anestasi terlebih dulu pada pasien. Pasien pun akan dibius dengan menggunakan bantuan mesin anestesi.

Dari mesin tersebut, gas anestetik dialirkan kepada pasien. Sehingga kemudian kondisi pasien menjadi terbius dan tidak akan merasa sakit saat dilakukan pembedahan atau operasi pada bagian tubuhnya.

Mengenai harga mesin anestesi ini mulai dari sekitar Rp 100 jutaan. Tergantung dari model dan tipe alat. Lebih jelasnya coba cek di sini.

2. Gunting bedah. Alat ini digunakan dokter untuk mendukung proses operasi pada pasien. Jenis gunting untuk operasi itu bermacam-macam. Ada gunting perban yang digunakan untuk memotong perban. Dan ada juga gunting operasi yang digunakan saat dokter membedah bagian tubuh pasien.

Mengenai harga gunting operasi ini beragam. Tergantung merek dan kemampuan. Dari harga puluhan ribu, sudah bisa didapatkan gunting untuk operasi ini.

3. Scalpel. Saat operasi, scalpel atau pisau operasi digunakan untuk membantu dokter untuk melakukan pembedahan. Bentuk pisau ini ada yang tajam dan ada yang runcing.

Harga pisau operasi ini murah. Alat ini bisa didapatkan dengan harga puluhan ribu saja.

4. Pinset. Alat ini digunakan untuk menjepit. Bisa untuk menjempit benda kecil atau jaringan. Seperti misalnya digunakan menjepit kasa, untuk membantu membuka jahitan luka, atau menjepit jaringan lunak.

Jjenis pinset ini ada yang disebut pinset anatomi dengan ujung tumpul halus. Alat ini digunakan sebagai peralatan pendukung dokter, perawat, atau bidan saat melakukan pembedahan minor (kecil). Sering kali pinset ini digunakan untuk menjepit kassa atau kapas.

Lalu ada juga jenis pinset operasi. Ciri pinset ini adalah bergigi pada kedua ujungnya. Pinset ini sering digunakan dokter atau perawat saat melakukan operasi.

Harga pinset ini murah. Mulai dari puluhan ribu saja sudah bisa mendapatkan alat ini.

5. Alat electrosurgical device. Kalau alat ini fungsinya untuk mengalirkan arus listrik untuk mencegah kerusakan jaringan. Sehingga dapat mencegah pasien kehilangan darah terlalu banyak yang dapat berbahaya bagi keselamatan pasien.

Harga alat electrosurgical unit sekitar Rp 50 juta. Tergantung dari merk dan tipe yang tersedia.

6. Tempat tidur operasi. Pasien akan tidur di tempat tersebut saat proses pembedahan dilakukan. Tempat tidur ini harus nyaman digunakan. Agar pasien merasa tenang saat menjalani proses operasi. Harga tempat tidur operasi bermacam-macam, tergantung bentuk, model, merk, dan spesifikasinya. Harganya bisa puluhan juta rupiah.

alat operasi di rumah sakit

7. Lampu operasi. Alat yang satu ini sangat penting untuk kelancaran operasi. Supaya proses pembedahan dapat dilakukan dengan baik oleh dokter. Mengenai harga lampu operasi itu berbeda-beda, tergantung tipe dan merek. Bisa dipilah mulai dari yang harganya kurang dari Rp 10 juta hingga di atas Rp 10 juta. Cek langsung harganya di sini.

8. Defribilator. Fungsi alat ini adalah untuk memberikan terapi energi listrik pada pasien. Seperti untuk memulihkan pasien yang terkena serangan jantung. Harga defribilator bisa didapatkan mulai dari kisaran puluhan juta rupiah.

9. Mikroskop bedah. Fungsi mikroskop operasi ini untuk membantu dokter saat melakukan proses pembedahan pasien. Sering kali alat ini digunakan untuk menunjang saat dilakukan operasi mata, operasi syaraf, operasi mulut atau operasi gigi. Alat ini dapat membantu dokter untuk mengerjakan pembedahan yang membutuhkan akurasi tinggi. Harga mikroskop bedah ini berkisar puluhan juta rupiah.

Nah itu tadi info harga alat operasi serta beragam kegunaannya untuk mendukung proses operasi pasien. Sebetulnya masih banyak peralatan pendukung operasi lainnya. Sekarang, yang penting, Anda lebih mengerti kan betapa banyak alat yang diperlukan saat hendak melakukan pembedahan atau operasi pada pasien? (Idr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *