Kalibrasi Alcoscan, Alat Cek Kadar Alkohol, Perlukah?

Perlukah mengkalibrasi Alcoscan dan bagaimana cara mengkalibrasi Alcoscan? Pertanyaan ini sering muncul oleh pengguna Alcoscan.

Alcoscan adalah alat cek kadar alkohol dalam napas yang bekerja dalam dua mode, aktif dan pasif. Pada mode pasif, alat akan menunjukkan hasil pengukuran dalam bentuk kualitatif, berupa komentar “Tinggi” “Normal” dan “Rendah”, sedangkan pada mode aktif, Alcoscan akan menunjukkan nilai kadar alkohol dalam napas seseorang dalam bentuk angka.

Umumnya alat ukur perlu dikalibrasi ulang. Kalibrasi ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi normal dan optimal suatu alat pengukuran. Kalibrasi alat umumnya perlu dilakukan ketika :

  • Alat sudah digunakan selama lebih dari 6 bulan secara terus menerus. Minimal sekali dalam sehari
  • Alat pernah terjatuh
  • Alat menunjukkan hasil yang tidak biasanya atau di luar batas normal alat

Bacaan terkait : Alat Ukur Kadar Alkohol : Alat Wajib di 5 Instansi Berikut

Terkhusus Alcoscan, alat ini telah dilengkapi dengan sensor pre-kalibrasi. Artinya, alat ini telah dikalibrasi dari pabrik ketika pertama kali diproduksi sehingga alat ini tidak lagi perlu direkalibrasi. Adapun bila terjadi kerusakan pada alat atau pada sensor kalibrasinya, maka pengguna dapat melakukan penggantian sensor pre-kalibrasi ini secara terpisah. Alat Alcoscan telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan RI dengan nomor AKL. Pabrik Alcoscan yaitu Sentech di Korea pun telah memperoleh sertifikat ISO, sehingga cukup aman dan terpercaya.

Dapatkan Alcoscan, alat cek kadar alkohol yang asli dan bergaransi resmi hanya di Medicalogy.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *