Ini Dia Macam – Macam Kotak P3K Water Jel

Ini Dia Macam-macam Kotak P3K Water JelSalah satu peralatan yang wajib ada di setiap perusahaan, sekolah, instansi pemerintah maupun rumah-rumah adalah kontak P3K. Kotak P3K merupakan sarana kesehatan yang pertama harus ada di mana digunakan untuk pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Kotak P3K umumnya berisikan peralatan dan obat-obatan sederhana. Kotak P3K ini tidak hanya memiliki satu macam saja, tetapi terdapat beberapa macam jenis yang bisa dipilih untuk digunakan dalam suatu instansi ataupun perusahaan.

Ketika keadaan darurat pada saat terjadi kebakaran tentu kita membutuhkan alat atau obat yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama dalam keadaan tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa luka bakar membutuhkan penanganan yang sedikit berbeda dari luka lain pada saat melakukan pertolongan pertama. Untuk kondisi seperti itu tentu sangat penting memiliki kontak P3K yang berisikan water jel burn. Kotak P3K water jel akan sangat membantu dalam pertolongan pertama saat terjadi kebakaran dan terluka, di mana luka tersebut basah ataupun kering sebelum selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

Secara spesifik, yang terdapat pada kotak P3K water jel burn dirancang untuk menarik panas yang ditimbulkan pada saat mengalami luka bakar. Efek penyangga yang dimiliki lapisan water jel menyebabkan perpindahan panas yang akan cepat keluar dari area yang mengalami luka bakar tanpa kehilangan suhu yang ada disekitarnya. Energi panas yang tidak akan menyebar secara merata di seluruh permukaan jel, karena materialnya dibuat sesuai dengan permukaan luka bakar.

water-jel-burn-kit-hard-caseBahan yang digunakan water jel burn dinilai sangat aman untuk digunakan karena sama sekali tidak mengandung bahan aktif, selain itu bahan gel yang digunakan mudah larut dalam air, di mana hal ini memudahkan pada saat membersihkannya. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat water jel burn adalah terdiri dari air deionisasi, tea tree oil, dan bakteriostatik. Dari ketiga bahan tersebut, bahan utama yang digunakan adalah air deionisasi.

Kotak P3K ini memiliki beberapa macam mulai dari yang besar hingga yang kecil dan dapat digunakan dalam kendaraan ataupun digantung pada dinding. Salah satu jenis yaitu kotak P3K waterjel adalah kotak P3K water jel kecil, kotak P3k waterjel ini sangat mudah dibawa dan menawarkan kombinasi yang berbeda dari balutan luka bakar untuk luka bakar besar ataupun kecil. Ukuran yang kecil ini sangat cocok digunakan untuk keperluan pada saat terjadi keaadaan darurat ketika berpergian maupun di rumah.

Jenis P3K selanjutnya yaitu kotak P3K water jel universal, hampir sama seperti kotak P3K water jel yang berukuran kecil, kontak P3K ini memiliki kombinasi yang populer dari pembalutan luka bakar, baik luka bakar besar maupun kecil. Jenis kotak P3K water jel yang terakhir adalah industrial, dimana jenis ini biasanya banyak digunakan pada saat terjadi keadaan darurat atau kecelakaan kerja di perusahaan ataupun industri. Kotak P3K water jel industrial ini memiliki ukuran yang paling besar diantara kotak P3K yang lainnya.

Kotak P3K water jel industrial bisa digunakan untuk pertolongan pertama untuk luka bakar yang lebih berat hingga ringan. Pertolongan pertama ini tentu akan sangat membantu agar luka yang dialami tidak semakin parah.

Dari kesemua jenis P3K water jel burn ini memberikan pertolongan pertama pada saat terjadi luka bakar di mana dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh pembakaran, menghentikan pembakaran yang belebihan, mendinginkan daerah yang terbakar, mencegah cidera semakin parah, membantu pengangkatan jaringan yang telah rusak, serta dapat mengurangi terjadinya hipotermia. Mengingat sangat pentingnya P3K water jel burn ini, tidak ada salahnya jika menyediakan di rumah untuk berjaga-jaga, karena kita tidak akan pernah tahu kapan keadaan darurat terjadi.

Setiap obat atau alat tertentu pasti memiliki masanya sendiri, untuk itu sangat penting mengontrol apakah obat atau alat yang terdapat pada kotak P3K masih aman digunakan atau tidak. Biasanya tanggal masa berlaku produk terdapat pada kemasaanya yang akan mudah terlihat produk tersebut masih bisa digunakan atau tidak. Tentu kita tidak menginginkan sesuatu terjadi yang lebih buruk jika menggunakan obat atau alat kesehatan yang telah habis masa pakainya atau sudah kadaluarsa.(dwy)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *