Ingin Membeli Jas Dokter? Inilah 7 Tips-nya!

Jas dokter merupakan sesuatu yang penting bagi dokter. Di Indonesia, jas dokter merupakan sebuah ‘identitas’ bahwa seseorang adalah dokter – walaupun di luar negeri tidak begitu kenyataannya. Tapi tahukah anda? Jas dokter sebenarnya memiliki fungsi yang jauh lebih ‘mulia’ dibandingkan hanya sekadar menjadi identitas. Sebenarnya fungsi jas dokter adalah untuk menamengi sang dokter dari segala jenis bakteri, virus, dan jamur yang ada di sekitar tempat kerjanya. Karena tugasnya itu, hendaknya jas ini tidak dipakai keluar dari ruang praktik atau keluar lingkungan rumah sakit karena jas dokter tersebut berpotensi menyebarkan penyakit.

Jas dokter adalah hal yang biasanya diburu mahasiswa pre-klinik tingkat akhir yang akan menjalani masa-masa koasisten dan juga mahasiswa klinik yang sudah lulus ujian kompetensi dokter. Jika anda termasuk pencari jas dokter, mungkin Medicalogy dapat memberikan tips untuk memilih jas profesi ini. Kira-kira apa saja ya tips memilih jas dokter?

Pilih jas yang bahannya mudah dibersihkan

Pastinya, sebuah jas dokter yang ideal memiliki bahan yang mudah dibersihkan. Hal ini merupakan aspek terpenting dalam memilih jas, karena jas ini harus selalu bersih. Saking pentingnya poin kebersihan, inilah yang menjadi alasan mengapa warna jas dokter harus putih. Jas dokter ternyata berwarna putih agar dokter bisa segera tahu jika jasnya kotor, sehingga bisa langsung dibersihkan.

Dokter akan bertemu banyak pasien dengan penyebab penyakit yang berbeda-beda – bisa virus, jamur, bakteri, dan lain-lain. Mereka akan menempel pada jas dokter dan bisa tersebar jika tidak dibersihkan dengan baik. Maka dari itu, bahan yang digunakan harus bahan yang mudah dibersihkan atau malah yang anti-staining sehingga tidak mudah kotor. Sekarang sudah banyak jas dokter yang dibuat dengan bahan yang mencegah noda atau staining pada jas. Fitur ini sangat penting terutama bagi para dokter yang khusus bekerja di laboratorium.

Idealnya, jas dokter bisa dicuci 1-3 hari sekali, kecuali jika jas ketumpahan sesuatu maka harus segera dicuci agar tidak berbekas. Setelah dicuci, pastikan jas digantung terpisah dari pakaian-pakaian lain agar minim kontaminasi dari pakaian lain.

Lab-Coats-for-New-Doctors-624x284

Pilih bahan yang nyaman dan tidak gerah

Dokter identik dengan mobilitasnya. Mobilitas yang tinggi dapat menimbulkan rasa gerah dan timbulnya keringat. Akan sangat tidak nyaman jika sebuah jas dokter memiliki bahan yang gerah. Ditambah lagi, tidak semua fasilitas pelayanan kesehatan menggunakan air conditioner yang menjamin ruangan tetap sejuk. Dokter seringkali harus berjalan dari satu ruangan ke ruangan lain, bahkan harus mengangkat pasien dan bahkan berlari – jadi bahan yang memungkinkan udara keluar masuk dengan bebas merupakan salah satu pertimbangan utama dalam memilih jas untuk dokter ini.

Bahan yang paling memenuhi kriteria sejuk biasanya adalah bahan katun – namun pada umumnya jas yang beredar di pasaran adalah campuran katun dengan polyester. Campuran katun dan polyester ini membuat jas menjadi sejuk dan tidak mudah kusut.

Katun membuat jas menjadi sejuk, polyester membuat jas menjadi tidak mudah kusut; fitur ini sangat baik untuk dokter yang pastinya memiliki mobilitas yang tinggi namun tetap harus terlihat rapi.

Pilih ukuran yang tepat

Jas dokter yang terlalu ketat tentunya tidak nyaman dipakai dan menambah rasa gerah, sementara jas dokter yang terlalu ‘gombrong’ tidak enak dilihat oleh pasien dan dapat mengurangi nilai kerapian dari seorang dokter. Cobalah dulu jas sebelum membeli, tentu saja ketika mencoba jas harus dikancing penuh untuk memastikan apakah ia nyaman saat dipakai.

Memilih ukuran jas yang tepat juga sangat penting mengingat muatan barang yang dibawa seorang dokter dalam kantongnya bisa jadi cukup banyak – mulai dari pulpen, notes kecil, hingga stetoskop. Jangan sampai barang yang dimasukan ke kantong membuat baju tambah sempit.

Jika anda ingin membeli jas dokter online, coba anda ukur terlebih dulu panjang bahu, lebar dada, dan lebar pinggang anda untuk kemudian dicocokkan dengan chart ukuran jas yang ada.

Ukuran jas harus benar-benar menjadi perhatian karena ukuran jas yang lebih kecil tentu saja akan menjadi lebih sempit jika menaruh banyak barang dalam kantong. Dokter banyak membawa barang dalam kantong, seperti stetoskop, pena, dan notes kecil.

Jas dengan lengan yang tidak terlalu panjang

Terkadang, proporsi badan bisa jadi berbeda dengan proporsi tangan. Jika memang anda bertubuh besar sehingga membutuhkan jas yang lebih besar, jangan biarkan lengan jas anda kepanjangan. Lengan jas yang terlalu panjang akan menyulitkan anda dalam bergerak dan ketika digulung tentu saja akan mengurangi nilai kerapian. Jadi, jika anda memang membutuhkan jas yang lebih besar, potonglah lengan yang kepanjangan di tukang jahit.

Jangan lupakan fleksibilitas

Memakai jas bisa saja membuat seseorang merasa terkungkung, tapi tidak dengan jas dokter. Jas dokter tidak boleh mengurangi fleksibilitas anda dalam bergerak – maka dari itu, sebelum membeli jas, pastikan jas yang anda beli memiliki belahan segitiga di belakangnya. Ternyata belahan segitiga ini ada di jas ini bukan tanpa maksud, melainkan untuk membuat dokter tetap bebas bergerak walaupun menggunakan jas.

Beli lebih dari satu

Sudah menemukan jas kedokteran impian anda? Lebih baik anda beli lebih dari satu, mengingat poin pertama dalam artikel ini, yaitu jas dokter harus dicuci dalam 1-3 hari sekali. Idealnya, anda dapat memiliki 3 jas dokter untuk dipakai sehari-hari, jadi ketika yang satu dicuci, yang lain bisa menggantikan. Anda tidak mungkin hanya memiliki 1 buah jas yang dipakai selama seminggu hari kerja, dicuci saat weekend, dan dipakai lagi hari Senin, bukan?

labcoats_banner520
Sediakanlah selalu jas cadangan. Anda tentunya tidak ingin memakai satu jas yang sama selama bertahun-tahun. Selain tidak steril, warna jas akan cepat berubah dan menjadi kusam karena terus menerus dicuci-pakai.

Rajin browsing harga

Memilih jas dokter sendiri berarti anda mendapatkan sebuah keuntungan, yakni anda bisa mencari harga semurah-murahnya untuk sebuah jas. Ada banyak mahasiswa kedokteran atau dokter-dokter muda yang harus rela membeli jas ‘borongan’ dan malah mendapatkan harga yang lebih mahal dari yang seharusnya. Oleh karena itu, keuntungan ini harus anda manfaatkan dengan cara rajin browsing harga jas kedokteran – mana yang menyuguhkan kualitas yang bagus namun tetap dalam budget anda.

8981

Jika sedang browsing mengenai harga jas kedokteran, cobalah mampir ke Medicalogy.com – kami menyediakan jas dokter lengan panjang dan lengan pendek, yang cocok bagi dokter dan mahasiswa kedokteran preklinik yang akan menyongsong masa-masa koasistensi. Semua jas dokter memiliki brand yang sudah terkenal kualitasnya dan banyak digunakan di Indonesia dan di luar negeri dan poin plusnya – semua jas sedang ada dalam promo dengan harga yang pastinya lebih ramah! Belanja menjadi mudah; anda tinggal mengukur badan, mencocokannya dengan ukuran jas kami, pesan, dan kami antar barang dengan jaminan barang pasti sampai dengan keadaan baik. Anda bisa menghemat waktu, tenaga, dan uang bersama kami.

Beli jas dokter? Ingat Medicalogy! (Ad)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *