Gambar Alat Kesehatan Beserta Fungsinya

Gambar Alat Kesehatan Beserta Fungsinya – Alat kesehatan merupakan alat yang digunakan untuk membantu dalam dunia medis. Mengingat hal tersebut secara otomatis alat kesehatan dipakai oleh pusat pelayanan penyedia medis, seperti rumah sakit. Semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, sekarang ini alat tertentu bisa dimiliki secara bebas dirumah.

Sebelum membahas contoh gambar alat kesehatan beserta fungsinya, akan lebih baik jika mengerti apa itu yang dimaksud dengan alat kesehatan.

Mungkin orang yang sudah berkecimpung dalam dunia medis tentu mengetahui apa itu alat kesehatan. Menurut Undang-Undang tentang Kesehatan pengertian dari alat kesehatan adalah instrument, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandung mengandung obat dimana digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, meringankan, merawat orang sakit serta memulihkan kondisi kesehatan hingga membentuk struktur jaringan dan memperbaiki fungsi tubuh.

Secara umum pengertian alat kesehatan adalah sebagai alat diagnosa yang berarti alat ini digunakan untuk mengindikasi adanya penyakit atau kelainan yang diderita oleh pasien yang kemudian bisa ditentukan tindakan apa yang selanjutnya.

Alat kesehatan juga berfungsi sebagai perawatan, dimana ketika seseorang menjalani rawat inap dirumah sakit. Ada tindakan yang menggunakan alat dimana harus dilakukan oleh perawat untuk proses kesembuhan.

Berikut ini beberapa contoh gambar alat kesehatan yang digunakan untuk membantu dalam diagnosa beserta fungsinya:

  • Spirometer

Spirometer

Spirometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur aliran udara masuk dan keluar dari paru-paru dalam sekali tarikan dan hembusan napas. Pada dasarnya alat ini digunakan untuk melihat bagaimana kerja dari paru-paru. Volume udara yang bisa dihirup dan dihembuskan akan ditampilkan pada layar monitor untuk mengetahui kondisi paru-paru masih bisa berfungsi secara normal atau tidak.

Spirometer tidak hanya berfungsi sebagai alat diagnosis, tetapi juga berfungsi sebagi alat monitoring terhadap kesehatan paru-paru.

  • Otoskop

otoscopeset

Otoskop merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa keadaan rongga telinga. Otoskop digunakan dokter ketika memeriksa keadaan dalam telinga apakah terjadi kelainan atau tidak. Otoskop dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang terjadi pada saluran telinga, membrane telinga atau gendang telinga selama proses pemeriksaan.

Dengan otoskop, dokter dapat melihat dengan jelas apakah terdapat masalah pada telinga bagian tengah seperti, ada benda asing, kotoran telinga, terdapat nanah, atau masalah lain yang dapat mengaburkan pandangan gendang telinga dengan menggunakan otoskop

  • Tongue Spatel

tongue

Tongue spatel adalah alat yang digunakan untuk menekan lidah untuk melihat lebih jelas keadaan yang ada dalam rongga mulut atau tenggorokan. Alat ini dapat membantu dalam melihat apakah ada kelainan yang terjadi pada rongga mulut atau tenggorokan, misalanya amandel atau peradangan yang lainnya.

Bentuk secara fisik alat ini menyerupain stick es krim dengan bahan yang terbuat dari logam, dan ada juga yang terbuat dari kayu.

Tongue spatel ini tidak bisa digunakan secara berulang, karena tidak bisa disterilisasi. Oleh karena itu tongue spatel ini harus dibuang jika telah digunakan.

  • Ophthalmoscope

Ophthalmoscope

Ophthalmoscope merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa mata dan termasuk bagian dalam mata dengan cara membiarkan praktisioner untuk melihat sepanjang sinar lampu. Alat ini dirancang untuk bisa melihat bagian belakang mata socket atau yang lebih dikenal dengan sebutan fundus. Oleh karena itu alat ini juga biasa disebut dengan funduscope.

Ophthalmoscope dapat memperbesar mata 15 kali lebih besar dari ukuran normal biasanya dan memungkinkan untuk melihat detail optic, retina, disc optic, dan lensa mata yang seperti Kristal. Umumnya alat ini digunakan dokter ketika memeriksa pembuluh darah serta saraf mata tanpa operasi.

  • Reflex Hammer dan Percussion Hammer

hammer

Reflex hammer adalah palu reflex yang digunakan untuk memeriksa kemampuan dari refleksi bagian tertentu dari tubuh. Biasanya bagian tubuh yang diperiksa menggunakan reflek hummer ini adalah lutut. Apakah syaraf lutut dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Sedangkan percussion hummer adalah alat yang digunakan untuk mengetahui keadaan organ dalam yang ada bagian punggung, jadi alat ini biasanya digunakan untuk mengetuk rongga dada dan juga rongga belakang atau rongga punggung.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *