Deteksi Alkohol Semudah Ini? Hanya Alcohol Detector Yang Dapat Melakukannya!

picture3

Konsumsi alkohol merupakan suatu budaya yang berasal dari luar negeri yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Namun jangan berbangga jika Anda termasuk salah satu orang yang sering mengkonsumsinya, karena sebenarnya konsumsi alkohol justru dapat mendatangkan lebih banyak masalah bagi tubuh dibandingkan dengan mendatangkan manfaat. Alkohol akan menyebabkan efek memabukkan bagi yang mengkonsumsinya. Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga dapat menimbulkan begitu banyak masalah bagi kesehatan, diantaranya:

  • Dapat menyebabkan kerusakan saraf.
  • Mengganggu sistem metabolisme tubuh.
  • Mengganggu sistem reproduksi.
  • Menurunkan kecerdasan.
  • Mengganggu fungsi hati.
  • Menyebabkan kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas.
  • Membuat seseorang menjadi lemah.
  • Memicu serangan berbagai penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, dan hipertensi.

minum-alkohol

Konsumsi alkohol dalam jangka panjang juga akan menyebabkan rusaknya berbagai organ tubuh seperti ginjal, jantung, hati, mata, sistem pencernaan, sistem reproduksi, kulit, tulang, bahkan hingga otak dan sistem saraf. Namun berbagai dampak negatif tersebut sepertinya belum dapat membuat sebagaian orang yang sering mengkonsumsi alkohol menjadi jera. Mereka justru menjadi ketagihan untuk mengkonsumsinya lebih banyak lagi.

Terlepas dari berbagai jenis minuman keras yang memang sudah jelas tertera kadar alkoholnya, Anda juga harus berhati-hati karena saat ini sudah terdapat berbagai jenis makanan, minuman lain, dan bahkan bahan makanan yang ternyata mengandung alkohol. Kandungan alkohol yang terdapat dalam makanan, minuman, dan juga bahan makanan ini seringkali tidak kita sadari. Hal tersebut tentunya membuat kita menjadi was-was akan bahaya kandungan alkohol di dalamnya yang juga dapat menimbulkan efek bagi tubuh.

Adakah Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Mendeteksi Keberadaan Alkohol Di Dalam Tubuh?

Sebagai manusia yang senantiasa ingin hidup sehat, tentunya sebagian besar dari kita akan selalu menjaga pola hidup dengan baik. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara menjauhi minuman keras atau minuman beralkohol. Namun seperti yang sudah dijelaskan bahwa kandungan alkohol di dalam tubuh tak hanya berasal dari minuman keras saja, tetapi juga dari beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak kita duga sebelumnya.

bahaya-minuman-keras

Mendeteksi kandungan alkohol dari beberapa jenis bahan makanan, makanan yang sudah jadi, dan juga minuman mungkin cukup merepotkan bagi kita. Padahal keberadaan alkohol yang berlebihan pada makanan atau minuman dapat membahayakan tubuh terlebih jika konsumsinya jangka panjang. Jika demikian, langkah alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mendeteksi keberadaan alkohol di dalam tubuh kita. Bagaimana caranya?

Untuk mendukung langkah tersebut, kini sudah tersedia sebuah alat yang memiliki fungsi luar biasa, yaitu untuk mengetahui kadar alkohol di dalam tubuh manusia. Alat tersebut adalah Alcohol Detector. Alcohol detector merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk skrinning alkohol hanya dengan memanfaatkan hembusan napas seseorang yang akan diketahui kadar alkohol di dalam tubuhnya. Kandungan alkohol melalui napas tersebut selanjutnya dikonversikan sebagai kandungan alkohol dalam darah (BAC) oleh alat ini. Alat deteksi alkohol ini dirancang secara khusus untuk mendeteksi dan mengukur kadar alkohol yang terdapat di dalam darah seseorang secara mudah, cepat, dan hasilnya pun akurat.

Capture

Fitur Apa Saja yang Dimiliki Oleh Alcohol Detector?

Sebagai sebuah alat canggih yang dapat mendeteksi keberadaan alkohol di dalam tubuh, alcohol detector ini memiliki beberapa fitur menarik yang sekaligus dapat memudahkan para penggunanya. Fitur tersebut diantaranya:

1.Memiliki dua mode pengaturan yang dapat diatur sesuai dengan keinginan, yaitu mode normal dan mode cepat. Ketika mode normal digunakan, alat ini dapat mengukur kandungan alkohol di dalam darah melalui display LED-nya dalam bentuk angka. Namun, ketika mode cepat yang digunakan, maka alat ini akan mendeteksi kandungan alkohol di dalam darah dengan tiga kategori hasil pengukuran yaitu:

  • Kategori “0” atau “Zero” yang berarti tidak ada alkohol yang terdeteksi pada tubuh pengguna.
  • Kategori “Low” yang berarti terdeteksi alkohol dalam jumlah yang cukup di dalam tubuh pengguna.
  • Kategori “High” yang berarti terdeteksi alkohol dalam jumlah banyak di dalam tubuh pengguna. Jika hasil pengukuran menunjukkan demikian, maka akan muncul peringatan pada alat ini berupa lampu flash di depan detektor.

2. Sensor alkoholnya bertipe semikonduktor, berfungsi untuk mendeteksi alkohol dalam napas seseorang. Dengan teknologi semikonduktornya ini maka sensitivitasnya tak perlu diragukan lagi karena sangat baik dan responnya pun cepat untuk detektor alkohol.

3. Mouthpiece yang dapat digunakan ketika mode normal diaktifkan (untuk mode cepat tidak perlu menggunakan mouthpiece).

4. Memiliki tingkat akurasi ± 0.01 % BAC pada 0.05 % BAC (BAC adalah Breath Alcohol Concentrate atau kadar alkohol napas).

5. Dilengkapi dengan nada peringatan berupa 3 tingkatan bunyi terhadap deteksi alkohol dengan display LED.

6. Memiliki bentuk yang portabel sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa kemana saja serta sangat memungkinkan untuk pemeriksaan kadar alkohol seseorang kapanpun dan dimana pun.

Alcoscan-AL6000-Alcohol-Tester-3

Bagaimana Cara Menggunakan Alcohol Detector?

Menggunakan alcohol detector untuk mendeteksi kadar alkohol di dalam tubuh sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-tama bukalah mouthpiece dari dalam kemasannya. Usahakan agar tangan tidak menyentuh langsung mouthpiece ketika ingin membukanya. Menggunakan sarung tangan ketika membuka mouthpiece dari dalam kemasan akan lebih baik untuk menjaga agar mouthpiece tetap steril dan higienis.

Capture3

Setelah mouthpiece sudah terbuka dari kemasan, kemudian pasanglah pada alat alcohol detector tersebut hingga pemasangannya tepat dan sesuai. Lalu, nyalakan tombol power yang terdapat pada alat tersebut dan biarkan hingga angka yang tertera pada layar LED menunjukkan angka 0. Jika sudah, maka pengukuran dapat langsung dimulai. Lakukan pengukuran dengan cara meletakkan mulut Anda pada mouthpiece yang telah terpasang, lalu hembuskanlah napas sekuat tenaga selama beberapa detik (posisi mulut seperti ketika hendak meniup balon). Selanjutnya tunggulah hingga layar LED menunjukkan hasil pengukuran terhadap kadar alkohol. Mudah bukan?

Seberapa Bermanfaatkah Alcohol Detector?

Sebagai alat pendeteksi kadar alkohol di dalam tubuh seseorang, alcohol detector ini pun memiliki manfaat yang luar biasa dan penggunaannya sudah banyak digunakan. Tak hanya sebagai alat kesehatan pribadi untuk pengecekan kadar alkohol dimanapun dan kapanpun, alat ini pun banyak digunakan di berbagai instansi kesehatan (seperti rumah sakit, puskesmas, dll) juga instansi-instansi yang bergerak di bidang pelayaran, pekerjaan konstruksi, kepolisian, pertambangan, keamanan, perhubungan (baik darat, laut, maupun udara) dan sebagainya.

alkohol-tubuh

Salah satu alasan penggunaan alat ini di berbagai instansi tersebut tentunya adalah untuk menjaga dan memantau kondisi para pekerjanya. Tidak mungkin instansi-instansi tersebut mempekerjakan karyawannya dalam keadaan mabuk karena alkohol, karena tentunya kondisi tersebut akan sangat merugikan baik untuk kepentingan instansi maupun untuk kepentingan masyarakat. Selain itu penggunaan alat ini pun akan sangat bermanfaat untuk menguji kandungan alkohol pada orang dengan kasus-kasus kriminal tertentu di kepolisian.

Walaupun alcohol detector banyak digunakan oleh berbagai instansi untuk kepentingan pekerjaan, namun tak ada salahnya jika Anda pun memiliki alat kesehatan ini. Meskipun Anda tak pernah mengkonsumsi alkohol, kemungkinan adanya alkohol dalam tubuh tetap dapat terjadi dari asupan berbagai makanan dan minuman yang tak pernah Anda duga sebelumnya. Miliki alat alcohol detector dengan harga yang terjangkau hanya di Medicalogy. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *