Cara Praktis Membersihkan Ingus Bayi

Cara membersihkan ingus bayi. Saat bayi berusia 0-3 bulan  dan terkena pilek atau flu, biasanya sang Bunda pasti bingung dan khawatir. Bagaimana si cara agar Si Kecil tidak sulit bernafas lagi? Apakah menyedot ingus bayi seperti zaman dulu adalah cara yang paling efektif?

Cara efektif untuk membuat Si Kecil bernafas lagi bukanlah menyedotnya secara langsung, mengapa?
Karena lendir atau ingus Si Kecil mengandung virus yang akan secara langsung akan menyebarkan virus tersebut kepada sang Bunda.

Akhirnya para ahli pun berusaha melakukan berbagai hal untuk mengatasi persoalan tersebut, dan akhirnya terciptalah Nasal Apsirator. Nasal Aspirator adalah alat yang diciptakan berguna untuk membersihkan ingus pada Si Kecil, agar lebih mudah dan tidak berbahaya.

Bagaimana cara membersihkan ingus Si Kecil dengan Nasal Aspirator?
1. a. Gunakan nasal aspirator khusus untuk bayi. Bentuknya bisa berupa pipet atau pipa plastik yang lembut dengan ujung berupa karet penyedot ataupun yang terbaru berupa alat yang dapat bekerja otomatis.
    b. Agar lebih efektif dan aman, bersihkan bagian yang akan dimasukkan ke hidung Si Kecil dengan cara disteril (dengan alat steril botol) atau kapas yang diolesi alkohol 70%.
    c. Tenangkan Si Kecil sebelum penyedotan dilakukan agar Anda dapat memasukkan alat dengan tepat.
   d. Masukkan alat ke dalam hidung bayi, tetapi jangan terlalu dalam. Saat memasukkan penyedot, ujung karet yang berfungsi untuk menyedot harus dalam keadaan ditekan, lalu lepas perlahan saat sudah di dalam hidung. Lakukan dengan lembut, agar hidung Si Kecil tidak iritasi. Atau menggunakan nasal aspirator terbaru cukup dimasukkan saja kedalam hidung Si Kecil saja dan tekan tombol secara perlahan.

2. JIka ingus Si Kecil padat teteskan NaCl atau larutan garam murni:
a. Anda bisa mendapatkan larutan obat tetes NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) di apotik.. Fungsinya, untuk melembabkan selaput dalam saluran pernafasan bayi, melancarkan sumbatan hidung, dan mengencerkan ingus agar mudah dikeluarkan. Cara memberikannya adalah dengan memasukkan sedikit bagian ujung pipet lalu teteskan lembut.
b. Anda juga bisa membuat sendiri larutan NaCl dengan cara melarutkan 1/4 sendok teh garam ke dalam 1/2 gelas air hangat. Gunakan pipet untuk meneteskannya. Pipet bisa Anda dapatkan di apotik. Apabila Anda membeli yang sekali pakai, bersihkan menggunakan air hangat.
c. Setelah ingus encer, bantu bayi mengeluarkannya menggunakan penyedot ingus. Ikuti langkah-langkah di poin 1.

Jenis- Jenis Nasal Aspirator :

Berikut adalah cara mengaplikasikan Nasal Aspirator :
Cara Praktis Membersihkan Ingus Bayi

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *