Cara Menyimpan Sampel Darah Di Inkubator Darah

Cara Menyimpan Sampel Darah Di Inkubator Darah – Darah merupakan salah satu bagian terpenting yang ada didalam tubuh manusia dan memiliki banyak sekali fungsi. Beberapa fungsi darah bagi tubuh diantaranya adalah untuk mengedarkan sari makanan, mengangkat oksigen, mengedarkan hormon, membawa sisa oksidasi sel tubuh, menyerang kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh, mengangkat karbondioksida, menyembuhkan luka, membawa zat sisa ke ginjal, dan masih banyak lainnya. Meskipun fungsi darah sangat penting bagi tubuh, namun memiliki kadar darah terlalu tinggi sangat tidak bagus bagi kesehatan. Begitupun dengan kadar darah yang terlalu rendah. Umumnya tekanan darah normal bagi seorang dewasa adalah 120/80 mm Hg.

Bagi seorang yang memiliki darah normal mereka pasti tidak akan memiliki masalah apapun terhadap kesehatan, namun bagi mereka yang kelebihan tau kekurangan darah, pasti ada banyak keluhan yang dirasakan, seperti pusing dan yang lainnya. Meskipun demikian ada ada banyak cara yang mereka lakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan kadar darah biasanya dapat diatasi dengan meminun suplemen penambah darah ataupun memakan sayuran khusus yang dapat menambah kadar darah. Begitupun dengan mereka yang kelebihan darah, biasanya hal yang sering dilakukan adalah meminum supermen khusus penurun kadar darah.

Jika kekurangan darah terjadi akibat pola makan dan pola hidup yang tidak sehat, memang meminum suplemen adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Berbeda hal nya jika kekurangan darah terjadi akibat kecelakaan, pendarahan ketika operasi, dan kejadian lainnya, maka salah satu cara yang bisa diakukan untuk menambah darah secara cepat adalah dengan melakukan transfuse darah.

Transfusi darah biasanya dilakukan oleh tenaga medis yang terdapat pada unit donor_darah1kesehatan seperti rumah sakit ataupun PMI (Palang Merah Indonesia).
Bagi seorang yang sudah terbiasa melakukan transfusi darah rasanya pasti biasanya saja, bahkan beberapa akan merasa ketagihan jika tidak melakukan donor secara rutin, namun bagi mereka yang belum pernah melakukan donor sama sekali pasti akan merasa takut. Padahal selain membantu sesama, donor berfungsi pula untuk mengeluarkan darah kotor yang ada didalam tubuh.

Meskipun darah sebenarnya dimiliki oleh setiap manusia, dan didonorkan secara cuma-cuma melalui unit kesehatan, namun nyatanya ketika anda mendapatkan darah dari PMI harganya akan mahal. Mengapa demikian? Tidak seperti cairan lainnya, darah adalah salah satu cairan yang memiliki komposisi yang sangat kompleks. Maka dari itu mulai dari donor hingga transfusi haruslah dilakukan dengan cara sebaik mungkin menggunakan alat yang beragam pula. Apalagi jika darah harus disimpan beberapa hari sebelum ada pasien yang membutuhkan. Proses perawatan darah inilah yang sejujurnya memuat harga darah menjadi mahal. Belum lagi dengan alat-alat yang digunakan. Alat-alat yang digunakan untuk melakukan transfusi, penyimpanan hingga, donor darah bukanlah alat-alat yang sepele dan asal. Cara perawatanya pun juga butuh ketelitian ekstra.

pmi-kurang-alat-penyimpan-darahSeperti telah disebutkan diatas, jika darah juga perlu dilakukan penyimpanan. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas dan kandungan darah supaya tetap terjaga dengan baik sebelum nantinya digunakan oleh pasien. Salah satu cara yang digunakan untuk penyimpanan darah adalah dengan meletakkan pada incubator. Nah, menyimpan darah pada incubator pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Incubator berfungsi untuk memelihara budaya mikrologi atau kultur jaringan. Sehingga suhu, kelembapan dan lainnya harus diperhatikan sesuai dengan karakter mikrologi. Begitupun dengan darah. Ketika darah dimasukkan kedalam incubator, suhu, kelembapan, kandungan oksigen harus diatur sesuai dengan karakter darah. Jangan berlebih ataupun kurang, karena hal ini dapat merusak kandungan yang ada dalam darah.

Jenis incubator sangatlah banyak. Ada incubator berbentuk kotak dengan pemanas yang disesuaikan. Adapula incubator yang lebih rumit yang memiliki kemampuan menurunkan ataupun mengendalikan kelembapan, dan masih banyak lainnya. Di Medicalogy semua jenis incubator dapat anda temukan dengan lengkap. Mulai dari digital incubator, incubator laboratorium, dan masih banyak lainnya. Mereknya pun juga beragam, mulai dari memmert, eyela, Panasonic, dan lain sebagainya. Medicaogy merupakan toko alat kesehatan terlengkap dan termurah, yang melayani pembelian barang ke berbagai daerah di Indonesia dengan harga murah dan garansi resmi. Silahkan berbelanj di Medicalogy.com dan nikmati kemudahan yang diberikan.

 

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *