Breastlight : Alat Bantu Skrining Rutin Payudara

Breastlight merupakan salah satu alat yang cukup populer di Indonesia dalam hal skrining rutin payudara. Alat ini diproduksi oleh pabrik asal Inggris yaitu PWB. Alat ini telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan RI, dan termasuk alat medis kelas III oleh FDA di US.

Image 4

 Keterangan bagian alat :

a. Sumber cahaya iluminasi

b. Pengatur intensitas cahaya

Kecerahan cahaya ditentukan berdasarkan ukuran dan kepadatan payudara. Semakin besar ukuran dan kepadatan payudara, semakin tinggi tingkat kecerahan yang diperlukan. Pada alat ini tersedia 4 tingkatan intensitas cahaya

c. Indikator intensitas cahaya

d. Indikator baterai

Menunjukkan berapa sisa baterai pada alat dan akan berkedip bila alat perlu diisi ulang daya.

e. Indikator jumlah hari sejak penggunaan terakhir

Menunjukkan jumlah hari sejak penggunaan terakhir, untuk mengingatkan pengguna akan jadwal cek payudara rutinnya.

Simbol temperatur, akan muncul di samping indikator jumlah hari bila alat dalam ruangan yang terlalu panas atau alat menjadi terlalu panas karena terlalu lama digunakan.

f. Tombol ON / OFF

g. Sambungan soket daya

Breastlight dilengkapi dengan baterai isi ulang. Sebelum digunakan untuk pertama kali, lakukan isi daya selama 4 jam. Alat ini dapat pula digunakan dalam kondisi terkoneksi ke sumber daya dengan kabel, pastikan kabel tidak basah.

Aksesoris : charger, gel pelicin, buku manual. Note : dalam paket alat, gel tersedia dalam kemasan tube 10 gram. Kemasan botol, di bawah ini, dapat dibeli terpisah.

Image 5

Cara Kerja Breastlight

Breastlight bekerja dengan metode transluminasi yaitu dengan emisi cahaya tampak dan radiasi infra merah intensitas rendah (sekitar 700 – 1.050 nm) yang ditransimisikan ke payudara untuk melihat jaringan dalam payudara. Ketika melalui pembuluh darah, puting, atau jaringan keras lainnya, cahaya ini akan terserap, sehingga akan nampak sebagai bayangan gelap.

how-it-works

Apakah Breastlight Aman untuk digunakan terus menerus?

Dengan asumsi penggunaan selama 20 menit, sebulan sekali, alat ini aman digunakan sesering mungkin karena menggunakan cahaya tampak intensitas rendah tanpa adanya radiasi sinar tak tampak.

Cara Penggunaan Breastlight

Pengguna berdiri atau duduk dalam ruang gelap, kemudian pasang permukaan sinar alat breaslight di bawah payudara yang akan diperiksa, kemudian nyalakan hingga cahaya merah dari alat nampak menyinari seluruh payudara seperti gambar berikut :

breastlight_1564525a

Di gambar ini, pembuluh darah nampak berwarna hitam. Abnormalitas nampak sebagai titip atau area gelap di sekitar pembuluh darah. Semakin rutin digunakan, para wanita akan mengetahui gambaran normal payudara mereka, sehingga bila muncul bayangan gelap yang tidak biasa, maka dapat diperiksakan untuk mamografi.

Contoh abnormalitas :

asqqw

Hal penting terkait penggunaan alat Breastlight :

  • Gunakan ruangan segelap mungkin
  • Gunakan gel pelicin bila perlu
  • Nyalakan Breastlight di bagian bawah payudara dan lihat ke bawah
  • Biarkan Breastlight menyala, tekan ringan sumber cahaya Breastlight ke kulit payudara
  • Gunakan cermin untuk melihat lebih biasa
  • Cek seluruh area – termasuk area ketiak dan di atas dada
  • Lakukan isi ulang daya sebelum digunakan. Jangan gunakan dalam keadaan baterai lemah.

Tujuan Penggunaan Alat

Alat ini ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker payudara, ditujukan agar setiap wanita melakukan pemeriksaan rutin payudara sendiri, dan sama sekali bukan pengganti mamografi. Artinya diagnosa terjadinya kanker payudara, tidak dapat dilakukan dengan alat ini. Diagnosa dapat ditegakkan setelah melalui pemeriksaan lanjutan misalnya mamografi. Sederhananya, alat ini lebih ditujukan untuk membantu proses periksa payudara mandiri (SADARI).

Breastlight untuk pengguna pribadi atau profesional?

Breastlight pada dasarnya untuk digunakan sebagai pemeriksaan rutin wanita di rumah, tentunya untuk penggunaan pribadi. Namun, profesional medis juga dapat menggunakan alat ini untuk skrining rutin pasiennya.

Distribusi Breastlight di seluruh Dunia

Breastlight hingga kini (2015) tidak beredar di US karena FDA di US mengklasifikan alat ke dalam alat kesehatan kelas III, dikarenakan belum memiliki data klinis yang cukup terkait keamanan dan efektivitas produk ini. Namun demikian, pabrik Breastlight, PWB mengklaim telah menjual alat ini sebanyak 28.000 di UK, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Cina sejak pertama diluncurkan tahun 2006.

PS : Dalam regulasi FDA, semakin tinggi kelas produk alat medis, semakin aman produk tersebut. Misalnya produk dengan kelas I, lebih aman digunakan daripada kelas II, dan seterusnya.

PWB, pabrik Breastlight telah melakukan survei postmarket yang melibatkan 1.400 pengguna. Studi terhadap 300 pasien menunjukkan alat ini mampu mendeteksi 12 dari 18 tumor ganas, dengan sensitivitas 67%, serta 240 dari 282 payudara tanpa tumor ganas teridentifikasi negatfi dengan alat ini, atau dapat dikatakan spesifitasnya 85%.

Perhatian Penggunaan Alat :

  • Alat ini bukanlah pengganti skrining mamografi
  • Alat ini bukanlah alat diagnostik. Alat ini tidak dapat menentukan ukuran, posisi pasti atau jenis abnormalitas payudara.
  • Jika terjadi perubahan pada kondisi payudara, entah diketahui dari penggunaan alat Breastlight atau dari pemeriksaan manual rutin, lakukan pemeriksaan lanjutan sesegera mungkin.

Alat ini dijual di Indonesia di kisaran Rp. 2.340.000 – Rp. 3.245.000,-

Belilah alat Breastlight di tempat terpercaya untuk mendapatkan alat yang asli. Alat ini dapat Anda peroleh di Medicalogy.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *