Berbagai Macam Sakit Kepala

images.sakit.kepala.

Anda mungkin sering merasa bingung ketika sakit kepala menghampiri Anda dan Anda mempertimbangkan jenis sakit kepala tersebut. Memang pada dasarnya ada beberapa jenis sakit kepala dan penyebabnya. Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cefalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala, kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan. Sakit kepala adalah masalah universal, dengan prevalensi hampir 99%, dan merupakan alasan paling umum untuk rujukan neurologis. Sakit kepala bisa memiliki makna klinis sedikit akan tetapi juga mungkin menjadi pertanda adanya penyakit yang mengancam jiwa. Rasa sakit pada kepala disebabkan oleh traksi/penarikan, perpindahan, peradangan, spasme dari pembuluh darah, atau distensi dari struktur di kepala atau leher yang sensitif terhadap rasa nyeri. Sakit kepala sebagian besar bersifat primer yaitu tanpa ada penyakit yang mendasarinya seperti migrain, cluster, dan tension type headache. Meskipun demikian ada juga sakit kepala yang disebabkan oleh sebuah proses yang mendasari penyakit atau kondisi atau biasa disebut sakit kepala sekunder, di mana kondisi ini harus menjadi fokus awal dalam evaluasi diagnostik sakit kepala.

  1. Sakit kepala tegang atau tension headaches

Salah satu penyebab dari sakit kepala tipe ini adalah posisi kepala yang menetap pada jangka waktu yang lama seperti saat duduk di depan komputer, mikroskop atau mesin ketik. Kesalahan dalam posisi tidur, dan terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu. Sakit pada awalnya dirasakan pasien pada leher bagian belakang kemudian menjalar ke kepala bagian belakang selanjutnya menjalar ke kepala bagian depan. Sakitnya dirasakan pada kedua sisi kepala seperti kepala sedang diikat oleh kain yang sangat ketat.

  1. Migrain

Migrain atau migren merupakan salah satu sakit kepala dengan gejala yang cukup berat dan berulang. Penyebab penyakit migrain ada beberapa macam seperti stres, menurunnya kadar estrogen pada masa – masa menstruasi diduga merupakan pemicu utamanya serta kafein berlebihan dapat menjadi pemicu utama.

  1. Sakit kepala sinus

Sakit kepala sinus disebabkan oleh karena peradangan yang terjadi pada rongga sinus yang terletak pada dahi, hidung dan sekitar mata. Sakit akan bertambah berat bila kepala ditundukkan ke depan dan saat bangun tidur di pagi hari.

  1. Sakit kepala cluster atau cluster headaches

Sakit kepala yang tajam seperti ditusuk – tusuk, sangat menyakitkan dan sering kambuh menurut periode tertentu. Penyebab pasti sakit kepala cluster tidak diketahui, tetapi ketidak normalan pada hypothalamus sepertinya berperan. Serangan cluster terjadi seperti rutinitas harian, dan siklus periode cluster sering mengikuti musim dalam setahun. Pola ini menunjukkan pola jam biologis tubuh terlibat. Pada manusia, jam biologis tubuh terdapat pada hypothalamus, yang berada di dalam pada tengah otak. Ketidaknormalan hypothalamus menerangkan waktu dan siklus alami sakit kepala cluster. Penelitian mendeteksi peningkatan aktifitas pada hypothalamus menjadi sumber sakit kepala cluster.

Dengan mengetahui berbagai macam jenis sakit kepala tersebut, Anda perlu lebih mewaspadai mengenai sakit kepala tersebut. Anda juga dapat membaca tips serta artikel kesehatan di website kesehatan terpercaya untuk memperkaya pemahaman Anda mengenai berbagai penyakit serta menerapkan pola hidup sehat.(rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *