Berapa Harga Alat Kesehatan Nebulizer?

69408-139473

Mereka yang memiliki keluhan penyakit asma atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem pernapasan seperti batuk dan pilek tentunya sudah cukup akrab dengan nebulizer. Dalam bahasa awam, penggunaan nebulizer biasa dilakukan untuk proses penguapan bagi orang-orang dengan keluhan masalah penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Ya, nebulizer adalah sebuah alat kesehatan yang dapat mengubah obat berbentuk larutan menjadi bentuk aerosol secara terus menerus dengan memanfaatkan tenaga yang berasal dari udara yang dipadatkan atau gelombang ultrasonik. Bentuk aerosol adalah bentuk berupa kabut halus (uap) yang merupakan campuran antara partikel gas dan partikel cair. Dengan mengubah obat cair menjadi bentuk kabut halus seperti yang dihasilkan oleh nebulizer ini obat menjadi lebih mudah dihirup jauh hingga ke dalam paru-paru.

147064154171

Nebulizer seringkali dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama bagi mereka dengan keluhan asma atau gangguan pada sistem pernapasan lainnya seperti batuk dan pilek. Langkah ini merupakan langkah yang tepat karena alat kesehatan ini ternyata memiliki daya efektifitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemberian obat secara oral melalui mulut. Contohnya saja, apabila seseorang sedang menderita flu dan ia menyembuhkannya dengan mengkonsumsi obat mungkin penyakit flu baru dapat hilang dari tubuhnya dalam waktu 1 minggu. Tetapi jika ia menyembuhkannya dengan cara melakukan terapi nebulizer maka penyakit flu ini dapat sembuh hanya dalam waktu 3 hari saja. Cukup efektif bukan? Terlebih jika nebulizer digunakan untuk mereka yang sedang terkena serangan asma, alat ini begitu ampuh untuk memulihkan kondisinya kembali.

Penggunaan nebulizer sangat cocok digunakan untuk segala usia, baik anak-anak, dewasa, maupun usia lanjut terutama bagi mereka yang mengidap penyakit asma berat dan  mungkin memiliki kesulitan dalam menggunakan perawatan asma dengan cara lainnya. Nebulizer menjadi salah satu alat pengobatan atau perawatan yang lebih disukai karena tingkat efektifitasnya yang tinggi sehingga obat dapat langsung terhirup menuju ke paru-paru dan dapat diserap lebih optimal.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Nebulizer?

nebulizer-copd-instructions

Nebulizer sebaiknya digunakan ketika serangan sesak napas datang. Penggunaan nebulizer sangat berguna untuk beberapa kondisi seperti berikut ini:

  • Batuk, nebulizer dapat berperan untuk mengeluarkan lendir yang berada di dalam paru-paru ataupun dada dengan cara mengencerkan dahak penderita.
  • Pilek atau hidung tersumbat, nebulizer dapat untuk membantu melancarkan saluran pernapasan. Dalam kondisi seperti ini gunakan obat-obatan yang memang memiliki efek untuk melancarkan jalan napas.
  • Asma dan sinusitis, nebulizer membantu memulihkan sesak napas pada penderita penyakit ini terutama jika terkena serangan asma mendadak.
  • Selain kondisi-kondisi diatas, nebulizer juga dapat mengobati alergi yang menyebabkan batuk atau pilek yang menjurus ke serangan asma atau sinusitis.

Beragam Jenis Nebulizer dan Harga Masing-masing Jenisnya

Apakah Anda atau orang terdekat Anda termasuk yang menderita asma ataupun sering merasa sesak napas akibat alergi tertentu? Jika iya maka sebaiknya Anda mulai menyediakan alat kesehatan ini di rumah sebagai pertolongan pertama ketika serangan sesak napas muncul. Atau Anda juga bisa memiliki nebulizer yang dapat dibawa kemana saja sehingga dapat digunakan untuk antisipasi dari kondisi yang tidak diharapkan tersebut. Bagi Anda yang ingin memiliki nebulizer, Anda tidak perlu repot mencarinya karena Medicalogy telah menyediakan berbagai jenis nebulizer tentunya dengan berbagai harga yang terjangkau. Berikut ini adalah beberapa jenis nebulizer yang dapat Anda pilih:

1. Compressor Nebulizer

Nebulizer kompressor atau nebulizer jet memiliki sistem kerja dengan memanfaatkan udara yang dikompresi di dalam unit nebulizer tersebut. Kemudian udara tersebut akan dialirkan keluar hingga berbentu kabut atau uap. Uap obat ini selanjutnya dialirkan ke sistem pernapasan seseorang dengan dibantu oleh sistem kompressor dari alat ini. Karena sistem kerja nebulizer jenis ini adalah mengkompresi udara, maka suara yang ditimbulkan oleh alat ini juga akan lebih keras jika dibandingkan dengan nebulizer ultrasonik.

Nebulizer-Rossmax-NB60-550x550

Nebulizer kompressor merupakan jenis nebulizer yang banyak digunakan di Indonesia. Jika dibandingkan dengan nebulizer ultrasonik, nebulizer kompressor memiliki ukuran yang cukup besar walaupun beberapa diantaranya masih terbilang portable. Untuk harganya, nebulizer kompressor dibanderol dengan harga yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan nebulizer ultrasonik. Anda dapat membeli nebulizer jenis ini dengan budget kurang dari 1 juta. Bahkan ada beberapa tipe nebulizer kompressor tertentu yang dapat Anda miliki hanya dengan harga Rp 650.000 saja. Sangat terjangkau bukan? Desain nebulizer kompressor pun tak kalah menarik dengan desain nebulizer ultrasonik sehingga penggunaannya sangat aman dan nyaman.

 2. Ultrasonic Nebulizer

Berbeda dengan nebulizer kompressor, nebulizer ultrasonik memanfaatkan getaran dari gelombang ultrasonik berfrekuensi tinggi untuk memecahkan cairan obat menjadi bentuk aerosol. Jika Anda ingin memiliki nebulizer yang mudah untuk dibawa kemana saja maka nebulizer ultrasonik adalah pilihan yang tepat untuk Anda karena ukurannya yang kecil dan ringan. Teknologi modernnya pun membuat alat ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah sehingga sangat aman dan nyaman digunakan kapan saja Anda membutuhkannya bahkan ketika dalam perjalanan sekalipun.

item_L_6307488_3586967

Namun, dengan desain dan teknologi yang modern, nebulizer jenis ultrasonik ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nebulizer jenis kompresor. Satu unit nebulizer ultrasonik memiliki kisaran harga 1 juta hingga 2 juta rupiah tergantung dari merk dan tipenya. Adapun beberapa jenis nebulizer ultrasonik yang dibanderol dengan harga kisaran 5 juta rupiah hingga diatasnya namun tentunya dengan fitur dan kelengkapannya yang berbeda. Walaupun demikian, harga beli nebulizer ultrasonik akan sebanding dengan manfaat yang akan Anda peroleh terlebih jika Anda ingin memilikinya untuk digunakan kapan saja dan dimana saja Anda butuhkan.

Bagaimana Cara Menggunakan Alat Ini?

sammi-the-seal-in-use

Menggunakan alat ini sangatlah mudah dan siapapun dapat mempraktekkannya sendiri. Sebelum menggunakannya pastikan Anda telah mempersiapkan satu unit alat ini bersama dengan obat yang ingin diberikan. Masukkan obat tersebut ke dalam nebulizer cup yang telah tersedia, kemudian hubungkan corong atau masker ke nebulizer cup. Pastikan keduanya telah terhubung dengan baik dan benar. Lalu, tempatkanlah corong atau bagian masker ke mulut dan bernapaslah dengan menggunakan mulut hingga obat dalam nebulizer cup terserap habis. Hanya perlu waktu sekitar 5 hingga 10 menit untuk menyerap obat hingga habis. Jika sudah selesai jangan lupa untuk membersihkan kembali corong atau masker dan juga nebulizer cup-nya ya agar alat ini dapat digunakan lagi untuk pengobatan selanjutnya.

Itulah sedikit ulasan tentang harga alat kesehatan nebulizer. Pilihlah jenis nebulizer sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk membeli nebulizer hanya di Medicalogy, karena tersedia berbagai promo yang menarik. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *