Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar?

Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar? – Ketika usia tak muda lagi beberapa indera pada tubuh pun menjadi menurun daya kerjanya seperti pada alat pendengaran anda. Menanggulangi masalah ini biasanya para pasien akan mengenakan alat bantu dengar yang mana bentuknya seperti headset kecil yang dipakai dengan cara digantung di belakang telinga. Alat ini akan membuat suara terdengar lebih keras sehingga seseorang dapat mendengar lebih baik, berkomunikasi dan beraktivitas normal seperti biasa. Alat bantu dengar juga dapat membantu seseorang mendengar dalam keadaan tenang maupun dalam situasi yang ramai.

Dalam alat bantu dengar terbagi atas 3 bagian yakni microphone, amplifier dan sebuah speaker. Cara kerja tiap bagian ini ialah dimulai dari penerimaan suara melalui sebuah microphone kemudian dirubah menjadi sebuah gelombang suara melalui sinyal elektrik dan diterima oleh amplifier. Amplifier bertugas untuk menambah kuatnya sinyal kemudian mengirimnya ke telinga anda melalui speaker. Sebelum menggunakan alat bantu dengar ada baiknya Anda mengecek ambang pendengaran Anda melalui audiogram sehingga dapat menentukan alat bantu dengar model apa yang sebaiknya Anda gunakan.

aaa (1)

Bagaimana Alat Bantu Dengar dapat Menolong Anda?

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa alat bantu dengar berfungsi meningkatkan pendengaran dan memahami pembicaraan orang lain akibat pendengaran yang kurang karena kerusakan cell sensor kecil pada bagian dalam telinga yang sering disebut cell rambut. Kerusakan pada pendengaran juga dapat terjadi akibat penyakit, luka, penuaan atau karena penggunaan obat tertentu. Alat bantu dengar menolong Anda dengan memperbesar vibrasi suara yang ditangkap oleh telinga anda.

Cell rambut yang bertahan mendeteksi vibrasi terbesar dan mengkonversinya ke dalam sinyal neural yang melewati otak anda. Kerusakan pada cell rambut yang besar akan membuat kurangnya pendengaran yang lebih hebat. Adanya penggunaan alat bantu dengar dapat membuat perbedaan yang cukup signifikan pada pendengaran seseorang dengan cara meningkatkan suara yang ditangkap oleh amplifier. Jika telinga bagian dalam Anda juga mengalami kerusakan maka alat bantu dengar ini tidak bisa membantu pendengaran anda sebab vibrasi tidak dapat dikonversi kedalam sinyal neural.

Bagaimana Anda Tahu Bahwa anda Membutuhkan Sebuah Alat Bantu Dengar?

hearing-aid-keizo-tipe-cantol-s330aAnda bisa mendeteksi apakah anda membutuhkan alat bantu dengar jika merasa pendengaran terasa berkurang dan mendapat perbedaan yang besar jika menggunakan alat bantu dengar. Apabila kurang yakin pergilah ke dokter yang mungkin seorang audiologis atau otolaryngologist. Otolaryngologist ialah dokter THT yang memang menangani permasalahan dalam gangguan pendengaran, tenggorokkan dan hidung yang akan menginvestigasi apakah anda memang mengalami pendengaran yang kurang sehingga membutuhkan alat bantu dengar atau tidak.

Seorang audiologist merupakan profesional kesehatan pendengaran yang mampu mengukur dan mengidentifikasi kurangnya pendengaran anda dan melakukan tes pendengaran dengan menggunakan beberapa alat kesehatan medis untuk mengukur tingkat pendengaran yang bisa anda tangkap.

Apa Saja Jenis Alat Bantu Dengar dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Alat bantu dengar terbagi atas dua jenis yakni yang berbentuk analog dan digital. Alat bantu dengar analog mengkorversi gelombang suara ke dalam sinyal elektrik yang mana adalah amplifier. Alat bantu dengar analog memiliki lebih dari satu program didalamnya yang telah disetting. Seorang audiologist akan menggunakan computer untuk mensettingnya dan program didalam alat bantu dengar mampu membuat perbedaan pendengaran semisal dari ruangan yang sunyi ataupun rama seperti saat anda berada di stadium atau gedung teater.

Alat bantu dengar digital mengkonversi gelombang suara ke dalam kode angka seperti kode biner di komputer. Kode ini memuat infomasi tentang pitch suara atau tingkat kebisingan yang dapat diprogram untuk mengatur frekuensinya. Alat bantu dengar digital ini lebih fleksibel dan dapat diprogram untuk fokus pada satu suara yang diinginkan sehingga lebih banyak digunakan pada masa kini. Bagi Anda yang masih sehat dalam pendengaran direkomendasikan untuk menjaga pendengaran dengan cara sering membersihkan telinga sesuai instruksi dari dokter.

Alat bantu dengar bisa Anda beli di medicalogy yang mana menyediakan berbagai alat kesehatan pribadi lainnya. Anda bisa memesan secara online dan mendapatkan produk kesehatan yang berkualitas dengan harga yang miring dibanding toko – toko lainnya.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *