Ambu Bag, Si Resusitator Penyelamat Jalan Nafas

Ambu Bag, Si Resusitator Penyelamat Jalan Nafas –  Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan oksigen untuk keberlangsungan hidup. Oksigen berperan sangat penting dalam menunjang semua proses yang ada di dalam tubuh, baik dalam pernafasan maupun lainnya. Maka tak heran ketika kekurangan oksigen seseorang akan sulit bernafas, dan bahkan kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, oksigen merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Bagi manusia kebutuhan oksigen secara umum selalu dikaitkan dengan fungsi pernapasan. Seperti yang kita tahu jika manusia memang bernafas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Jika kebutuhan oksigen berkurang jelas hal ini akan menimbulkan gangguan pada sistem pernafasan.

hqdefault

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kebutuhan oksigen pada manusia berkurang. Oksigen sebenarnya salah satu kebutuhan yang diberikan secara cuma-cuma oleh Tuhan kepada manusia. Jumlahnya pun tidak terhitung lagi, dan tidak akan habis sampai kapanpun. Sayangnya, sekarang ini banyak sekali kegiatan manusia yang mengurangi kualitas oksigen dalam udara. Seperti pembakaran lahan besar-besaran yang sempat melanda salah satu Kota di Indonesia beberapa waktu lalu. Secara tidak sadar asap hasil pembakaran lahan ini dapat menyebabkan seseorang sulit bernafas. Jika sudah begitu barulah manusia paham bagaimana pentingnya oksigen.

Kekurangan oksigen memang tidak hanya disebabkan karena pembakaran hutan saja. Ada beberapa hal yang kemudian menyebabkan orang sulit bernafas, seperti shok mendadak, berada pada ruangan dengan jumlah orang didalamnya yang melebihi kapasitas, berdesak-desakan, kecelakaan dan lain sebagainya. Salah satu reaksi yang mungkin akan terjadi ketika mereka kekurangan oksigen adalah pingsan. Pada kondisi ini salah satu penanganan paramedic yang sering dilakukan adalah dengan memberikan ambu bag.

Ambu bag merupakan suatu alat kesehatan yang memiliki fungsi untuk membantu memperlancar pernafasan. Alat ini terdiri dari bag yang berfungsi memompa oksigen, serta valve atau pipa berkatup dan masker yang berfungsi menutup mulut dan hidung. Ambu bag biasanya diberikan kepada pasien untuk memberikan tekanan pada sistem pernafasan ketika penghentian nafas atau nafasnya tidak kuat. Alat ini merupakan bagian dari peralatan resusitasi yang sering digunakan pada pertolongan pertama, dan beberapa kondisi lain misalnya saja pada ruang operasi untuk bantuan pernafasan pasien yang tidak sadar sesaat sebelum diberikan bantuan berupa pernafasan mekanik.

 Tujuan Pemberian Ambu Bag

Pemberian ambu bag kepada pasien bertujuan untuk :

  1. Memperbaiki fungsi ventilasi dengan cara memberikan pernafasan kepada pasien untuk memberikan kebutuhan oksigen.
  2. Menjamin adanya pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi dalam paru-paru secara normal, sehingga pernafasan bisa kembali normal.

Indikasi Pemberian Ambu Bag

Ambu Bag akan diberikan kepada pasien yang memiliki indikasi atau gangguan sebagai berikut :

  1. Pasien memiliki gangguan sistem pernafasan dan memerlukan bantuan pernafasan secara cepat.
  2. Pasien mengalami penghentian nafas secara mendadak.
  3. Pasien mengalami cardiac arrest.
  4. Pasien dengan respiratory failure
  5. Pasien yang sebelum, sedang, atau setelah menjalani suction.

ambu-bagSecara umum bentuk dan bahan ambubag yang digunakan oleh paramedis semuanya sama, yakni terbuat dari bahan silikon atau plastik untuk memudahkan jalannya ventilasi udara. Perbedaan biasanya terletak pada ukuran, warna, dan tentunya harga. Ambu bag diproduksi oleh banyak perusahaan alat kesehatan, sehingga masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Beberapa ambu bag yang sering digunakan oleh paramedis adalah Ambubag Mico, Ambubag PVC ukuran anak-anak maupun dewasa, Ambubag Silicon, dan masih banyak lainnya.

Mengingat ambu bag merupakan alat kesehatan yang memberikan manfaat yang sangat besar, maka tak hanya di rumah sakit, namun anda pun juga perlu menyiapkannya di rumah. Pemakaiannya yang mudah tidak akan menyulitkan setiap orang dalam menggunakannya. Terlebih lagi ketika membeli ambu bag setiap pembeli akan dilengkapi dengan masker, pompa oksigen, selang masker, kantong penerima, dan tentunya petunjuk pemakaian.

Untuk mendapatkan ambu bag dengan harga terjangkau dan pilihan jenis ambubag yang bervariasi anda bisa mendapatkannya di Medicalogy.com. Medicalogy menyediakan berbagai pilihan produk alat kesehatan lengkap dengan garansi serta pelayanan kalibrasi. Anda yang berada di jauh dari pusat perkotaan pun juga bisa memenuhi kebutuhan alat kesehatan dengan berbelanja murah dan aman melalui sistem online yang kami tawarkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbelanja.(dwy)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *