Alat Cek Asam Laktat

Alat Cek Asam Laktat – Asam laktat merupakan salah satu senyawa organik. Asam laktat diproduksi oleh sel darah merah dan sel otot dalam tubuh. Senyawa ini dapat dikategorikan sebagai Generally Recognised As Safe yaitu senyawa bahan tambahan pangan yang aman bagi manusia namun asam D-(-)laktat kadang-kadang bisa menganggu proses metabolisme manusia bahkan dapat menyebabkan kelebihan asam dan kekurangan kalsium.

Kadar asam laktat didalam tubuh bisa mengalami peningkatan karena beberapa penyebab. Olahraga berlebihan dapat juga meningkatkan kadar asam laktatnamun kondisi ini tidak berbahaya. Beberapa kondisi kesehatan tertentu juga bisa meningkatkan kadar asam laktat. Kelebihan asam laktat dalam ilmu kedokteran disebut sebagai asidosis laktat.

sering-nyeri-otot-ternyata-ini-5-penyebabnya

Bagaimana olahraga dapat mempengaruhi kadar asam laktat? Setiap orang memiliki ambang batas kemampuan untuk melakukan kegiatan fisik dan ambang tersebut bisa meningkat sesuai dengan latihan tubuh atau olahraga teratur. Ambang batas bisa juga menjadi tolak ukur keadaan jantung yang fit serta kondisi pembuluh darah. Saat menjalani olahraga ringan dan masih dibawah ambang batas maka tubuh hanya memproduksi sedikit asam laktat. Tubuh juga mudah untuk menghilangkan asam laktat. Ketika intensitas olahraga meningkat, produksi asam laktat pun juga ikut meningkat sehingga menumpuk didarah serta otot. Tubuh yang terlalu lelah akan sulit menghilangkan kadar asam laktat, akibatnya terasa nyeri pada otot dan tidak nyaman. Tumpukan asam laktat juga mengakibatkan meningkatnya detak jantung dan juga membuat seakan kehabisan nafas. Kadar asam laktat bisa dikurangi seiring menurunnya detak jantung dengan melakukan pendinginan setelah olahraga sehingga mengurangi nyeri otot.

Asidosis laktat karena kondisi kesehatan yang parah bisa berpotensi pada kerusakan jaringan tubuh dan bisa membahayakan tubuh. Beberapa kondisi yang dapat meningkatkan kadar asam laktat adalah anemia, leukimia, gagal jantung, infeksi berat atau sepsis, hipoksia, syok serta kerusakan hati yang parah. Keracunan alkohol etanol dan metanol, konsumsi obat isoniazid untuk penyakit TBC atau metformin untuk penyakit diabetes dan dehidrasi juga bisa menyebabkan asidosis laktat.

apex-bio-edge-meter-asam-laktatKadar asam laktat yang normal yang diambil dari pembuluh darah vena berkisar 0,5 hingga 2,2 mEq/L atau sekitar 0,5 hingga 2,2 mmol/L, sedangkan dari pembuluh darah arteri kadar normal berkisar 0,5 hingga 1,6 mEq/L atau 0,5 hingga 1,6 mmol/L. Tingkatan kadar yang normal bisa berbeda pada tiap laboratorium. Kondisi kesehatan serta beberapa faktor lainnya juga bisa mempengaruhi tingkat kadar asam laktat yang normal pada setiap orang. Hasil tes kadar asam laktat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Tes kadar asam laktat akan lebih maksimal jika dilakukan pada pembuluh darah vena. Hasil tes mungkin tidak akurat jika sebelum tes melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi kadar asam laktat seperti mengepalkan tangan saat pengambilan darah, olahraga, konsumsi minuman keras atau obat tertentu.

Terdapat beberapa gejala yang bisa mengindikasikan asidosis laktat dan perlu melakukan tes darah atau tes asam laktat. Gejala tersebut antara lait ritme nafas yang cepat, kelebihan keringat, mual, muntah, sakit perut, kulit menjadi lembab dan dingin, penurunan kesadaran, linglung bahkan koma. Saat ini juga tersedia laktat meter untuk memudahkan dalam mengecek kadar asam laktat. Laktat meter merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa kadar asam laktat. Saat ini alat cek asam laktat telah banyak beredar dengan berbagai fitur. Alat asam laktat biasanya sangat mudah digunakan. Ia hanya memerlukan sampel darah pasien dan akan menunjukkan nilai kadar asam laktat dalam tubuh pasien.

Tes asam laktat berfungsi untuk mengetahui adanya asidosis laktat, mengetahui kadar oksigen dalam tubuh apakah cukup untuk sampai ke jaringan tubuh serta mengetahui sebab kenaikan pH tubuh. Beberapa persiapan untuk melakukan tes asam laktat adalah dengan tidak berolahraga beberapa jam sebelum tes, puasa makan minum selain air putih 8 hingga 10 jam sebelum tes.

Saat ini tes asam laktat semakin populer. Orang mulai menyadari kegunaan dan manfaat dari tes ini. Kelebihan asam laktat atau asidosis laktat dapat menimbulkan nyeri otot dan ketidaknyamaan. Jika kadar asam laktat dalam tubuh telah diketahui maka orang bisa melakukan beberapa pengaturan pada dirinya untuk mengontrol kadar asam laktat yang normal pada tubuh.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *