Alat-Alat Kesehatan Emergency Kit Beserta Fungsinya

Alat-Alat Kesehatan Emergency Kit Beserta Fungsinya – Alat kesehatan memiliki jenis yang sangat banyak. Tidak hanya stetoskop saja yang sering digunakan oleh dokter untuk mendengar suara didalam tubuh manusia. Namun beberapa jenis alat kesehatan lainnya juga masih sangat beragam.

Berbagai alat kesehatan memiliki peran yang penting sesuai dengan fungsi masing-masing. Selain stetoskop, alat kesehatan yang paling sering digunakan oleh dokter dirumah sakit, klinik, atau puskesmas adalah tensimeter atau alat untuk mengukur tekanan darah.

Namun tidak hanya itu saja, pada situasi tertentu seperti kecelakaan atau atau keadaan darurat lainnya beberapa pasien juga memerlukan penanganan cepat. Pada keadaan tersebut, dokter memerlukan beberapa alat emergency atau emergency kit sebagai penanganan dini secara cepat.

Berikut ada beberapa alat emergency kit beserta fungsinya yang sering ditemui dirumah sakit dan harus anda ketahui.

  • Alat P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan)

kotak p3k merah

P3K adalah benda penting yang tidak hanya harus tersedia dirumah sakit. Dirumah, sekolah, kantor pemerintah, dan fasilitas umum lainnya benda ini juga harus tersedia lengkap dengan berbagai obat dan peralatan P3K yang dibutuhkan.

Sesuai dengan namanya, obat-obat dan alat yang tersedia di kotak P3k hanyalah obat atau alat yang digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum nantinya dilakukan penanganan lebih lanjut. Biasanya, P3k hanya diberikan kepada pasien yang mengalami luka tidak terlalu serius. Beberapa contoh obat P3K ada obat merah dan kasa.

  • Tabung Oksigen

tabung oksigen

Tabung oksigen sering diberikan kepada pasien yang mengalami kekurangan oksigen. Penyebab kekurangan oksigen biasanya terjadi karena berdesak-desakan dengan banyak orang, melakukan olah raga, naik gunung, gangguan pernafasan, dan masih banyak lainnya.

Beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam penggunaan oksigen adalah, tabung oksigen, oxygen concentrator, regulator oxygen, masker oksigen, ventilator, oxygen generator.

  • Alat CPR

cpr

CPR atau Cardiopulmonary resuscitation adalah alat kesehatan yang berfungsi sebagai penyelamatan pada pasien yang mengalami susah nafas atau detak jantungnya berhenti.

Tujuan utama CPR adalah untuk mengembalikan aliran darah teroksigenasi ke otak dan jantung untuk menunda atau mencegah kematian jaringan dan untuk mencegah kerusakan otak permanen.

CPR diberikan kepada pasien sampai ia dapat kembali bernafas dan hingga pasien dinyatakan tidak terselamatkan lagi. Alat CPR biasanya meliputi CPR mask, defibrillator, alat resusitasi, CPR Board.

  • Alat Evakuasi

evac chair

Alat evakuasi biasa digunakan untuk memindahkan pasien atau korban dari tempat yang kondisinya kurang baik seperti misalnya pada kondisi bencana ke tempat yang memungkinkan untuk mendapatkan pelayanan medis. Beberapa alat evakuasi contohnya ada tandu, body bag, dan evac chair.

  • Obat Emergency

inpus

Hampir sama dengan obat P3K, obat emergency adalah beberapa obat yang biasanya diberikan kepada pasien sebagai petolongan pertama. Namun obat emergency lebih diutamakan kepada pasien gawat darurat atau mengalami masa kritis. Salah satu obat emergency yang sering diberikan kepada pasien adalah cairan infuse.

  • Ambulan Dan Aksesoris

Ambulan digunakan untuk membawa pasien menuju rumah sakit, ataupun memindahkan pasien yang mendapatkan rujukan ke rumah sakit lainnya. Alat kesehatan yang terdapat di ambulan biasanya meliputi tandu, oksigen, cairan infuse, emergency gas detector, dan lain sebagainya.

Seseorang memang tidak tahu kapan akan mendapatkan musibah atau penyakit tertentu. Namun ada baiknya untuk selalu waspada. Dengan mengetahui berbagai emergency kit paling tidak dapat menambah wawasan anda ketika nanti mengalami masa darurat untuk saling menolong sesama.

Untuk mendapatkan beberapa emergency kit atau alat kesehatan lainnya, anda sudah tidak perlu bingung lagi mendapatkannya. Cukup mengunjungi situs medicalogy.com. Medicalogy merupakan distributor berbagai alat kesehatan resmi yang ada di Indonesia.

Disini berbagai alat kesehatan dari berbagai jenis dan tipe tersedia dengan harga yang bervariasi. Dengan sistem penjualan online, medicalogy memberikan banyak kemudahan dan keuntungan kepada para konsumen. Tidak heran, dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang diberikan, konsumen medicalogy sudah tersebar dari berbagai kota-kota besar di Indonesia seperti Makassar, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan masih banyak lainnya.

Jika anda tertarik anda dapat langsung membuktikan dengan mengunjungi situs medicalogy.com

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *