7 Ragam Kursi Roda, Unik dan Bermanfaat Untuk Segala Kondisi

Kursi-Roda-1

Istilah kursi roda tentunya sudah tak asing lagi bagi Anda bukan? Kursi roda tak lain merupakan alat bantu yang digunakan oleh mereka yang mengalami masalah atau kesulitan berjalan dengan kaki yang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit, cedera tertentu, maupun cacat (cacat sejak lahir ataupun cacat akibat kecelakaan). Dalam penggunaannya pun kursi roda sangat praktis dan efisien sehingga akan sangat membantu mereka dengan kondisi kekurangan tersebut. Alat bantu ini dapat digerakkan dengan cara didorong oleh orang lain atau dikendalikan sendiri menggunakan tangan secara manual (memutar bagian ban kursi roda dengan tangan) ataupun menggunakan mesin otomatis.

Dalam sebuah kursi roda terdapat beberapa komponen seperti dua buah ban/roda yang terletak pada sisi kanan dan kiri untuk berjalan, rem khusus yang berfungsi untuk menghentikan roda, pijakan kaki, dan tentunya dilengkapi dengan alas tempat duduk yang nyaman serta sandaran yang lebar.

Kapan Kursi Roda Pertama Kali Diciptakan?

Dengan kegunaannya yang sangat bermanfaat tersebut, pernahkah terpikir dalam benak Anda sejak kapan kursi roda ini diciptakan? Sebenarnya, konsep pertama dari sebuah kursi roda diperkirakan telah diciptakan lebih dari 6000 tahun yang lalu. Hal ini tentunya menjadi bukti adanya evolusi dari pemikiran manusia yang telah mampu mengatasi keterbatasan fisik mereka. Dari hasil evolusi tersebut pada akhirnya ditemukanlah sebuah benda sebagai alat bantu manusia dalam berjalan, yaitu kursi roda.

Sementara itu, untuk pertama kalinya ide kursi roda berdasarkan fungsinya telah muncul sejak 4000 tahun sebelum masehi di dataran Mediterania. Munculnya ide ini diduga sebagai cikal bakal ditemukannya kursi roda, sehingga alat bantu ini merupakan hal yang baru bagi peradaban manusia pada masa itu dan selanjutnya masyarakat Mediterania mulai memodifikasi fungsi dari kursi roda.

Sedikit berbeda dengan yang terjadi di China. Di negeri tirai bambu ini kursi roda hadir sekitar tahun 525 M. Penemuan kursi roda di China ditandai dengan adanya lukisan tentang seorang guru besar yang memakai kursi dengan dilengkapi roda yang terbuat dari kayu. Ide dasar kursi roda di China diperkirakan sudah muncul di masyarakat sejak 1300 tahun sebelum masehi. Penemuan kursi roda di China menjadi awal yang cukup sempurna bagi perkembangan kursi roda selanjutnya sehingga dapat mengetuk pintu dunia agar semakin menyempurnakan bentuk dari kursi roda.

Beragam Jenis Kursi Roda

Sekilas, kursi roda memang terlihat sama baik dari bentuk maupun fungsinya. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya kursi roda pun memiliki beragam jenis tersendiri? Apa saja jenis-jenis kursi roda tersebut?

1. Kursi Roda Manual

kursi-roda2

Yang pertama dan merupakan jenis yang paling umum adalah kursi roda manual. Tentunya Anda sudah sering melihat kursi roda jenis ini bukan? Untuk menggunakan kursi roda manual ini sangatlah mudah yaitu hanya dengan cara didorong oleh orang lain ataupun digerakkan sendiri oleh penggunanya menggunakan tangan. Kursi roda manual dapat digunakan untuk semua kegiatan. Tetapi sayangnya kursi roda ini kurang cocok digunakan oleh mereka yang memiliki cacat di bagian tangan, kecuali jika ada orang lain yang membantu mendorong kursi rodanya.

2. Kursi Roda Elektrik

Jual-Kursi-Roda-Elektrik-Murah-Dan-Awet

Berbeda dengan kursi roda manual, kursi roda elektrik dilengkapi dengan sistem pengendali elektronik untuk memudahkan mobilitas penggunanya, sehingga mereka tidak perlu mengendalikan kursi roda secara manual dengan menggerakkan roda menggunakan tangan. Kursi roda elektrik ini sebenarnya lebih diperuntukkan bagi mereka yang kemampuan motoriknya tidak memadai untuk menggunakan kursi roda manual ataupun yang mengalami masalah pada jantung/pernapasan sehingga mereka tidak mampu mendorong kursi roda sendiri. Untuk menjalankannya, pengguna hanya cukup memanfaatkan tuas yang terletak pada bagian tangan. Tuas dapat digunakan untuk menjalankan kursi roda (maju/mundur), mengubah arah kursi roda (belok kiri/kanan), serta menghentikan kursi roda ketika sedang berjalan.

3. Kursi Roda Untuk Olahraga

kursi-roda

Selain memfasilitasi mereka yang memiliki keterbatasan fisik (disabilitas), kursi roda juga dapat membantu para penyandang disabilitas yang gemar berolahraga. Menarik bukan? Kursi roda untuk olahraga memang dirancang secara khusus untuk memudahkan penyandang disabilitas dalam menyalurkan hobinya. Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan dengan menggunakan kursi roda olahraga ini misalnya balap lintasan, basket, tenis, dan bahkan rugby. Kursi roda ini dijalankan secara manual oleh penggunanya dan bentuk kursi rodanya pun harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang ingin dilakukan. Misalnya untuk olahraga balap lintasan, biasanya terdapat tambahan 1 roda di depan dengan ukuran yang lebih kecil dari roda lainnya.

4. Kursi Roda yang Dapat Berdiri (Stand Up Wheelchair)

photo-008

Jenis kursi roda yang satu ini memiliki fitur yang unik, yaitu kemampuannya yang dapat berdiri sehingga penggunanya dapat terangkat hingga ke posisi yang lebih tinggi. Kursi roda jenis ini sangat bermanfaat bagi mereka yang seringkali harus meraih sesuatu di tempat yang tinggi. Namun demikian, biasanya stand up wheelchair digunakan sebagai alat latihan atau terapi berdiri. Adanya stand up wheelchair juga sebenarnya berguna untuk mencegah efek-efek negatif akibat duduk yang terlalu lama seperti iritasi kulit, otot kaku dan lemah akibat jarang digunakan, pegal dan ngilu, serta kebas akibat sirkulasi darah tidak lancar.

5. Kursi Roda Bariatrik

temp03

Selain dapat memfasilitasi mereka yang gemar berolahraga, ternyata kursi roda juga dapat membantu mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Orang yang mengalami obesitas biasanya akan lebih sulit untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari sekalipun hanya berjalan kaki saja karena terbebani dengan berat badannya yang berlebihan tersebut. Adanya kursi roda bariatrik akan menjadi penolong mobilitas mereka. Jika kursi roda biasa hanya akan dapat menahan beban maksimal 125 kg hingga 150 kg, maka kursi roda bariatrik ini dapat menahan beban hingga 500 kg. Tempat duduk kursi roda bariatrik ini lebih lebar, sesuai dengan kemampuannya yang dapat menahan beban lebih besar.

6. Kursi Roda Pediatrik

173557_1

Kursi roda memang dapat memfasilitasi segala kondisi penggunanya, termasuk jika penggunanya adalah anak kecil. Anak kecil yang membutuhkan kursi roda untuk membantu mobilitasnya dapat menggunakan jenis kursi roda pediatrik. Kursi roda ini dirancang secara khusus untuk memfasilitasi anak-anak yang mengalami disabilitas. Ukurannya memang lebih kecil dari kursi roda biasa. Sandaran dan dudukannya dapat diatur dengan mudah sehingga akan nyaman saat digunakan. Kursi roda pediatrik ini juga dilengkapi dengan sabuk pengaman sehingga sangat aman digunakan terutama bagi anak yang juga mengidap celebral palsy.

7. Kursi Roda Travelling (Travelling Wheelchair)

travelingsqtoko

Gemar travelling namun merasa terhambat dengan kondisi fisik? Kursi roda travelling jawabannya. Ya, kursi roda jenis ini memang unik karena sengaja dirancang untuk membantu para penyandang disabilitas yang gemar bepergian. Travelling wheelchair dapat digunakan oleh siapa saja dan segala usia, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia serta dapat digunakan untuk segala kegiatan baik indoor maupun outdoor. Untuk membawanya pun sangatlah mudah karena kursi roda ini ukurannya kecil, sangat ringan, serta dapat dilipat dengan mudah sehingga hanya perlu dimasukkan ke dalam tas khusus untuk kursi roda.

Itulah 7 jenis kursi roda yang menarik, unik, dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Temukan beragam jenis kursi roda dengan harga yang terjangkau hanya di website kesehatan terpercaya Medicalogy. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *