7 Fungsi Alat Cek Lipid yang Perlu Anda Ketahui

20130509093658860756303

Lipid adalah salah satu dari empat senyawa biokimia, merupakan senyawa yang membentuk mahluk hidup dan melaksanakan proses kehidupan. Peran lipid sangatlah penting di dalam tubuh manusia, diantaranya yaitu untuk memancarkan zat yang dapat mengatur suhu tubuh dan memberikan perlindungan kepada sel-sel saraf. Profil lipid dalam tubuh seseorang haruslah dalam kisaran normal karena profil lipid dapat menjadi indikator beberapa penyakit yang cukup serius. Oleh karena itu sangat disarankan bagi kita untuk selalu mengecek profil lipid secara berkala.

Salah satu langkah efisien untuk mengetahui profil lipid adalah dengan mengeceknya menggunakan alat cek lipid yang saat ini sudah banyak dijual. Mengapa dikatakan efisien? Karena alat cek lipid ini ternyata memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Apa saja sebenarnya fungsi alat cek lipid tersebut?

1. Mengukur Kadar Kolesterol Total

Salah satu fungsi yang pasti dimiliki oleh setiap alat cek kadar lipid adalah untuk mengukur kadar kolesterol total. Bagi Anda yang belum memahami, kolesterol total adalah jumlah total kolesterol dalam darah yang meliputi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). Waspadai jika kadar kolesterol total Anda tinggi, karena kadar kolesterol total yang normal adalah kurang dari 200 mg/dL.

2. Mengukur Kadar Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

Fungsi alat cek lipid selanjutnya yang juga bermanfaat adalah untuk mengukur kadar kolesterol HDL. Kolesterol HDL ini termasuk dalam jenis kolesterol yang tidak berbahaya, karena keberadaannya dalam tubuh dapat membantu membuang kelebihan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah arteri dan mengambalikannya ke hati untuk selanjutnya diproses dan dibuang. Pastikan kadar HDL Anda normal yaitu 40 mg/dL atau lebih.

3. Mengukur Kadar Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Alat cek lipid juga memiliki fungsi untuk mengukur kadar kolesterol LDL. Pengukuran kadar LDL dalam tubuh sangat penting karena LDL termasuk dalam jenis kolesterol yang berbahaya. LDL merupakan pengangkut kolesterol yang paling banyak di dalam darah, dan hanya membawa sejumlah kecil protein yang dari hati ke bagian tubuh lainnya. Upayakan agar kadar LDL dalam tubuh Anda kurang dari 100 mg/dL.

4. Mengukur Kadar Trigliserida

Fungsi berikutnya dari sebuah alat cek lipid adalah untuk pengukuran kadar trigliserida. Trigliserida adalah suatu jenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ tubuh lainnya yang digunakan tubuh untuk menyimpan energi dan memberikan energi untuk otot. Dengan kata lain trigliserida merupakan bentuk lain dari lemak dalam darah. Kisaran normal kadar trigliserida dalam tubuh adalah kurang dari 150 mg/dL.

5. Pengukuran Non HDL

Selain empat fungsi tersebut, saat ini terdapat beberapa alat cek lipid yang telah dilengkapi dengan fungsi tambahan, yaitu untuk mengukur Non HDL. Secara manual, Non HDL dapat dihitung dari kolesterol total dikurangi kolesterol HDL. Tetapi dalam sebuah alat cek lipid, kadar Non HDL sudah dihitung secara otomatis sehingga Anda tidak perlu menghitungnya secara manual. Anda hanya perlu mengetahui nilai normal dari Non HDL saja yaitu kurang dari 130 mg/dL.

6. Pengukuran Rasio LDL/HDL

Fungsi tambahan lainnya dari sebuah alat cek lipid adalah untuk mengukur nilai rasio LDL/HDL. Rasio LDL/HDL juga tak kalah penting dari nilai lainnya pada profil lipid. Nilai rasio LDL/HDL yang direkomendasikan adalah dibawah 5:1 agar risiko penyakit jantung semakin rendah.

7. Pengukuran Kadar Glukosa

Ada beberapa alat cek lipid yang juga dapat berfungsi untuk mengukur kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh. Pengukuran ini tentunya sangat bermanfaat bagi para penggunanya, karena pengukuran gula darah merupakan indikator diabetes melitus. Penyakit diabetes melitus ini juga terkait dengan salah satu profil lipid yaitu kadar kolesterol LDL, dimana para penderita diabetes harus selalu menjaga agar kadar LDL mereka dibawah 100 mg/dL.

Itulah 7 fungsi alat cek lipid yang tentunya akan memudahkan Anda. Hanya perlu satu strip saja untuk menjalankan semua fungsi tersebut dan mendapatkan profil lipid secara lengkap. Sangat efisien dan praktis bukan? Dapatkan alat cek lipid dan alat kesehatan lainnya hanya di website kesehatan terpercaya. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *