6 Alat Kesehatan dan Kedokteran yang Harus Dimiliki Rumah Sakit

examination-bed-eb-3-mico

Setiap rumah sakit pasti ingin menjadi tempat kesehatan yang terlengkap. Dengan memiliki alat kesehatan dan kedokteran terbaru, diharapkan akan membuat pelayanan rumah sakit terhadap pasien makin meningkat. Pasien pun mampu dilayani dengan baik dan cepat sembuh.

Sudah menjadi kebutuhan bagi rumah sakit untuk memiliki satu set standar peralatan medis. Dengan alat kesehatan tersebut, pengobatan pasien pun dapat dilayani dengan komprehensif. Berikut ini alat alat kesehatan dan kedokteran yang wajib dimiliki rumah sakit.

  1. Alat electrosurgical adalah alat yang diperlukan saat hendak melakukan operasi. Saat operasi dilakukan, alat ini berfungsi untuk meminimalkan keluarnya darah pasien. Alat ini menggunakan arus listrik sehingga mampu untuk mengurangi pendarahan pasien.
  2. Mesin EKG (Elektrokardiogram) adalah alat yang berfungsi merekam aktivitas listrik otot jantung para periode tertentu. Dengan adanya alat kedokteran ini, tenaga medis bisa memantau ritme dari jantung dan mengidentifikasi apabila terjadi kelainan.
  3. Lampu bedah adalah alat yang sangat penting. Sebab alat ini akan membantu penerangan saat dilakukan operasi bedah. Karenanya, rumah sakit manapun wajib memiliki lampu ini. Dengan adanya lampu bedah, membuat dokter bedah dan tenaga medis mampu bekerja dengan nyaman dan dalam pencahayaan yang cukup.
  4. Tempat tidur dan tempat periksa pasien. Tentu, tempat tidur dan tempat periksa pasien adalah salah satu peralatan yang wajib dimiliki rumah sakit. Di tempat tersebut, pasien akan diperiksa dan menjalani recovery hingga akhirnya kembali sembuh. Jenis ranjang periksa pasien ini banyak. Anda bisa melihat macamnya di sini.
  5. Alat sterilisasi sangat dibutuhkan rumah sakit. Dengan alat ini mampu membunuh semua jamur, bakteri, virus, spora. Sehingga keadaan rumah sakit pun selalu bersih dan steril.
  6. Alat anestesi adalah alat yang dibutuhkan saat memberikan anestesi (pembiusan) pada pasien. Alat ini bekerja dengan menyalurkan gas atau campuran gas anastetik ke rangkaian anestesi dan kemudian dihisap oleh pasien.

Harga mesin anestesi itu ratusan juta. Juga terdapat beberapa model. Anda bisa lihat detailnya di sini.

Itulah enam alat kesehatan dan kedokteran yang wajib dimiliki rumah sakit. Memiliki alat-alat tersebut akan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit terhadap pasien. Sehingga harapan hidup pasien untuk tertolong juga akan lebih tinggi.(dn)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *