5 Keuntungan Menggunakan Oksigen Konsentrator

Keuntungan oksigen konsentrator merupakan pilihan tepat untuk terapi oksigen. Selain itu. lihat pula lima keuntungan menggunakan oksigen konsentrator.

Oksigen Konsentrator adalah alat yang digunakan untuk memberikan oksigen tambahan bagi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (Chronic Obstructive Pulmonary Disease / COPD) dan dalam konsentrasi oksigen yang lebih tinggi, keuntungan oksigen konsentrator ini juga dapat membantu memberikan oksigen tambahan pada penderita hipoksemia kronik dan edema paru. Keuntungan oksigen konsentrator juga dapat digunakan sebagai alat terapi tambahan bersama dengan alat Continuous Positive Airway Pressure pada penanganan sleep apnea (henti nafas saat tidur).

Dikarenakan manfaatnya untuk membantu penanganan penyakit kronik, oksigen konsentrator merupakan salah satu alat yang tepat untuk perawatan jangka panjang. Pada umumnya, dalam paket pembelian alat oksigen konsentrator terdapat kompresor, penyaring, pipa, nasal kanula dan / atau sungkup (face mask) yang membantu dalam mengalirkan oksigen dari oksigen konsentrator ke dalam sistem pernafasan pengguna oksigen konsentrator.

keuntungan oksigen konsentrator

Alat oksigen konsentrator tersedia dalam dua jenis utama yaitu oksigen konsentrator biasa dan oksigen konsentrator portabel. Alat oksigen konsentrator portabel mempunyai kemudahan untuk dapat dibawa berpergian karena ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan bila dibandingkan dengan alat oksigen konsentrator biasa.

Alat oksigen konsentrator mempunyai lima keuntungan terlebih bila dibandingkan dengan alat tabung oksigen biasa. Keuntungan oksigen konsentrator tersebut yaitu:

  1. Keuntungan oksigen konsentrator yang pertama, menggunakan alat oksigen konsentrator adalah pengguna alat oksigen konsentrator bisa mendapatkan udara dengan kadar kemurnian oksigen hingga 95%. Hal ini dikarenakan hampir semua oksigen konsentrator mempunyai cara kerja yang berbeda dengan tabung oksigen biasa di mana setelah oksigen konsentrator tersambung dengan aliran sumber daya listrik atau setelah tombol power pada alat oksigen konsentrator dengan tenaga baterai dihidupkan, maka udara dalam ruangan akan memasuki oksigen konsentrator dan oksigen konsentrator akan menyaring udara tersebut dari partikel debu, bakteri, kuman. Alat oksigen konsentrator juga akan mengeluarkan nitrogen serta gas lain selain oksigen dari udara yang baru saja disaring dari partikel mikroba.
  2. Keuntungan kedua dari menggunakan alat oksigen konsentrator adalah pengguna alat oksigen konsentrator tetap bisa menikmati suplai udara kaya kandungan oksigen selama oksigen konsentrator masih tersambung dengan aliran sumber daya atau selama waktu pemakaian baterai pada alat oksigen konsentrator portabel belum habis. Hal ini berbeda dengan tabung oksigen biasa yang mempunyai volume tetap dan terbatas sehingga volume oksigen dalam tabung oksigen dapat habis.
  3. Keuntungan ketiga dari menggunakan oksigen konsentrator adalah alat oksigen konsentrator tidak mempunyai risiko mengalami kebocoran. Hal ini berbeda dengan tabung oksigen yang mempunyai risiko untuk bocor dan apabila bocor, oksigen yang keluar dapat menyebabkan ruangan tempat diletakkan tabung oksigen (terlebih pada ruangan tertutup), berisiko mengalami kebakaran besar. Risiko ini semakin meningkat jika dalam ruangan tertutup tempat tabung oksigen biasa bocor, terdapat sumber api dan benda – benda yang mudah terbakar seperti kertas, plastik, dan lainnya.
  4. Keuntungan keempat dari menggunakan oksigen konsentrator adalah ukuran dan berat alat oksigen konsentrator yang lebih kecil bila dibandingkan dengan tabung oksigen yang mempunyai ukuran dan berat cukup besar.
  5. Harga tabung konsentrator memang lebih mahal bila dibandingkan dengan harga tabung oksigen. Tetapi, bila dihitung kembali, total harga pembelian tabung oksigen yang dibeli secara berulang lebih mahal bila dibandingkan dengan pembelian oksigen konsentrator yang hanya dibeli satu kali saja sehingga bisa dikatakan bahwa keuntungan kelima dari menggunakan oksigen konsentrator adalah harga yang lebih ekonomis bila dibandingkan dengan pembelian tabung oksigen secara berulang.

Alat oksigen konsentrator selain dibedakan berdasarkan penggunaannya yang dapat dilakukan ketika berpergian (alat oksigen konsentrator biasa dan alat oksigen konsentrator portabel), alat oksigen konsentrator juga dapat dibedakan berdasarkan aliran suplai oksigen menjadi dua jenis yaitu alat oksigen konsentrator Pulse Delivery / Pulse Dose dan alat oksigen konsentrator Continuous Flow.

Kedua jenis alat oksigen konsentrator ini mempunyai perbedaan pada aliran suplai oksigen di mana pada jenis alat oksigen konsentrator pertama atau alat oksigen konsentrator Pulse Delivery, alat oksigen konsentrator ini bekerja dengan memberikan suplai oksigen sesuai yang disesuaikan dengan waktu ketika pengguna alat oksigen konsentrator menghirup nafas sedangkan pada jenis alat oksigen konsentrator yang kedua atau alat oksigen konsentrator Continuous Flow, alat oksigen konsentrator ini bekerja dengan memberikan suplai oksigen secara kontinyu.

Masing – masing jenis alat oksigen konsentrator tersebut mempunyai keuntungan dan kelemahannya. Adapun keuntungan dan kelemahan dari dua jenis alat oksigen konsentrator tersebut yaitu:

  • Alat oksigen konsentrator Pulse Delivery bekerja dengan mendeteksi terlebih dahulu kapan pengguna dari alat oksigen konsentrator akan menghirup nafas sehingga alat ini akan berdiam sejenak pada waktu di mana terjadi pertukaran gas di paru – paru atau saat pasien sedang tidak menghirup nafas. Hal ini berbeda dengan alat oksigen Continuous Flow yang tetap mengalirkan oksigen bahkan saat pengguna alat oksigen konsentrator sedang tidak menghirup nafas sehingga sebagian besar oksigen yang dikeluarkan oleh oksigen konsentrator jenis Continuous Flow terbuang sia – sia.
  • Waktu pemakaian baterai alat oksigen konsentrator jenis Continuous Flow umumnya lebih cepat bila dibandingkan dengan waktu pemakaian baterai pada alat oksigen konsentrator jenis Pulse Delivery. Hal lain yang perlu diperhatikan dari penggunaan baterai pada alat oksigen konsentrator portabel (terlebih ketika digunakan untuk berpergian) adalah penyesuaian waktu maksimal pemakaian baterai atau jumlah baterai cadangan yang diperlukan selama perjalanan, waktu pengisian ulang baterai, ketersedian sumber daya listrik untuk mengisi ulang baterai, dan lain sebagainya.
  • Alat oksigen konsentrator dengan jenis Continuous Flow bekerja dengan cara memberikan suplai oksigen secara kontinyu hingga mencapai dosis yang sebelumnya telah ditentukan secara spesifik oleh pengguna (dosis dalam liter/menit) sedangkan alat oksigen konsentrator jenis lainnya, Pulse Delivery, bekerja dengan cara memberikan suplai oksigen yang disesuaikan dengan pernafasan pengguna alat oksigen konsentrator atau yang disebut juga dengan bolus (dosis dalam satuan mililiter/pernafasan).
  • Alat oksigen konsentrator jenis Pulse Delivery bekerja dengan sensitifitas yang tinggi terhadap pernafasan hidung. Tetapi, sayangnya, beberapa orang lebih sering melakukan pernafasan melalui mulut ketika sedang tertidur sehingga efektivitas dari alat oksigen konsentrator jenis Pulse Delivery

Berdasarkan penjelasan tersebut, alat oksigen konsentrator merupakan salah satu pilihan yang tepat jika Anda sedang mencari alat untuk memberikan terapi oksigen secara efektif. Tetapi, perlu diingat pula bahwa sebelum mebeli alat oksigen konsentrator, ada baiknya jika Anda berkonsultasi lebih dahulu dengan tenaga medis mengenai jenis alat oksigen konsentrator yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga disarankan untuk melakukan tes oksimetri dengan bantuan tenaga medis untuk mengetahui efektivitas dari alat oksigen konsentrator karena tes oksimetri tersebut akan membantu Anda dan tenaga medis untuk mengetahui saturasi oksigen yang berhasil Anda dapatkan setelah memakai alat oksigen konsentrator.

Selain artikel mengenai 5 keuntungan menggunakan oksigen konsentrator ini, Anda juga dapat membaca artikel kesehatan menarik lainnya di Medicalogy. (wm)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *