5 Alat Medis Terbaru

alat kedokteran online

Alat medis atau alat kesehatan rumah sakit terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan dari pertama kali alat tersebut ditemukan dan digunakan. Semakin ke sini, semua alat semakin modern, didukung oleh hasil riset dan penelitian. Juga, semua alat dirancang agar semakin aman dan efektif untuk membantu kesembuhan pasien. Juga, penggunaan bahan dimungkinkan terbuat dari bahan biaya murah agar lebih mudah dipasarkan.

Ingin tahu apa saja perkembangan 5 alat medis terbaru yang sedang ramai dibicarakan di dunia medis? Ini dia daftarnya.

MelaFind Optical Scanner

Alat ini membantu dokter mendiagnosa kanker kulit tanpa biopsi. Sebelumnya, untuk menentukan apakah tahi lalat atau kutil yang tumbuh di tubuh pasien berpotensi kanker atau tidak, dokter harus melakukan biopsi. Tapi sekarang dengan adanya MelaFind, dokter tidak perlu serta-merta melakukan biopsi untuk mendiagnosa kanker. Dokter bisa menggunakan MelaFind untuk mencari tahu apakah diperlukan biopsi atau tidak. Jelas alat ini ditujukan untuk mengurangi bekas luka biopsi pada pasien. Juga, untuk menghemat biaya pemeriksaan di laboratorium.

Aspirin Elektronik

Alat ini dirancang untuk penderita migraine dan sakit kepala jangka panjang. Penggunaan aspirin jangka panjang jelas membahayakan. Jadi, dengan adanya alat ini pasien tidak perlu lagi minum obat. Alat ini bisa menghasilkan sinyal yang menstimulasi saraf sphenopalatine ganglion dan memblokir neurotransmitter yang menjadi penyebab rasa sakit.

Alat Tes Gula Darah Tanpa Tes Darah

Alat ini diberi nama The Symphony diciptakan oleh Echo Therapeutics. Dengan The Symphony penderita diabetes tidak perlu rutin mengambil darah untuk mengetahui kadar gula darah mereka. Cara ini dianggap berbahaya karena bisa membuat penderita rentan terinfeksi. Alat ini bisa mendeteksi gula darah melalui kulit.

Robot Medis

Robot medis bukan berarti robot yang menggantikan fungsi dokter dan perawat secara medis, tetapi teknologi telemedis yang diterapkan di ruang-ruang rumah sakit yang bisa memonitor keadaan pasien 24 jam penuh. Teknologi ini juga dipasang di koridor rumah sakit agar bisa mengawasi semua keadaan pasien secara menyeluruh. Jika keadaan darurat terjadi, dokter tidak harus segera datang ke ruang pasien. Dokter bisa melihat langsung kondisi pasien dari jarak jauh dan kemudian berkomunikasi terlebih dahulu dengan pasien dan perawat jaga dan memberitahukan apa saja yang harus dilakukan pertama kali sebelum dokter datang.

Katup Jantung Sapien Transkateter

Dengan alat ini operasi katup jantung tidak lagi menggunakan metode bedah jantung. Hanya dibutuhkan irisan kecil di bagian dekat tulang iga untuk memasang katup ini.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *